Berita Utama Melepas Penat di Air Terjun Sinar Tiga

Melepas Penat di Air Terjun Sinar Tiga

Ini Air terjun Sinar Tiga yang berada di Desa Harapanjaya, Kecamatan Wayratai, Pesawaran. foto-foto Dinas Pariwisata Pesawaran.

radarlampung.co.id- Jika traveler belum memiliki referensi destinasi wisata yang akan dituju akhir pekan ini. Tidak rugi untuk mencoba mengunjungi air terjun Sinar Tiga yang berada di Desa Harapanjaya, Kecamatan Wayratai, Pesawaran. Suasananya yang tenang, sejuk dan alami sangat cocok untuk melepas penat setelah beraktivitas selama sepekan.

Dijamin, pengunjung akan betah apalagi setelah menikmati sensasi guyuran air pegunungan yang sangat sejuk. Air terjun Sinar Tiga merupakan objek wisata di Pesawaran dengan ketinggian sekitar 70 meter.

Lalu bagaimana menuju lokasinya? Nah, bagi traveler yang akan mengujungi air terjun tersebut cukup mudah. Di mana jarak tempuh untuk menuju lokasi air terjun apabila dari Bandarlampung menuju ke Gedongtataan. Kemudian melewati Jalan Raya Kedondong menuju Kecamatan Wayratai.

Baca :   Bagikan 540 Sertifikat Tanah untuk Nelayan, Petani dan UKM di Pesawaran

 

Untuk kendaraan roda empat jarak tempuh sekitar 1, 5 jam. Ya, jalan penghubung Kecamatan Kedondong dengan Kecamatan Wayratai kondisinya baik, sudah dirigid beton.

Setelah melewati jalan antarkecamatan itu, apabila sudah di Desa Harapanjaya,

pengunjung akan mendapati petunjuk menuju lokasi destinasi air terjun. Dari jalan utama desa ke lokasi air terjun pengunjung akan kembali menempuh jalan hotmix dengan jarak kurang lebih 2 kilometer.

Kemudian setibanya di tempat parkir,  pengunjung akan mengikuti jalan setapak paping blok kurang lebih 800 meter untuk ke lokasi.

Sepanjang perjalanan sebelum sampai di lokasi, pengunjung bisa melihat view keindahan pegunungan, dan pantai. Lelah perjalanan yang panjang, pengunjung bisa menikmati sajian kopi pala, sirup pala, dan makanan khas masyarakat desa setempat dengan kearifan lokal yang ada.

Baca :   Harapannya, Kaji Kembali Ganti Rugi Lahan Tambahan JTTS

Ya, melalui program One Village One Destination, Pemerintah Kabupaten Pesawaran terus berupaya mengembangkan desa-desa di Pesawaran untuk dijadikan sebagai destinasi wisata. Dari 148 desa di Pesawaran saat ini sudah 45 desa yang telah mengembangkan destinasi wisata.

Yudiana Kepala Bidang Destinasi dan Industri Dinas Pariwisata Pesawaran mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan lokal ke air terjun Sinar Tiga saat weekend bisa mencapai sekitar 2000 pengunjung.

“Kalau biaya masuk sangat murah mencapai Rp10 ribu untuk motor. Kalau mobil sekitar Rp25 ribu dan setiap pengunjung dikenakan biaya karcis masuk sebesar Rp5 ribu,” jelas Yudiana mewakili Kepala Dinas Pariwisata Elsyafri Fahrizal, Jumat (8/2) lalu.(ozi/nca)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini