Lifestyle 8 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal

8 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal

ilustrasi radarlombok.co.id

radarlampung.co.id-Ginjal punya peran sangat penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi menyaring kotoran dari dalam darah dan mengirimnya ke kandung kemih dan diubah menjadi urin. Ginjal juga berfungsi menyeimbangkan kadar elektrolit, pengendalian keasaman tubuh hingga mengatur tekanan darah.

Dilansir dari laman Stylecraze dan jpnn.com, makanan yang baik untuk ginjal mudah ditemui di pasar. Dan harganya terjangkau. Berikut daftar makanan dan minuman yang baik untuk ginjal.

  1. Air 

Air punya kekuatan untuk mengembalikan kesehatan. Namun, disarankan jangan berlebih. Yang terbaik adalah berkonsultasi ke dokter untuk memahami berapa gelas air yang harus diminum per hari.

  1. Kubis

Kubis memiliki antioksidan yang membantu melawan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Kubis kaya vitamin dan mineral.

Baca :   Bravo ! Waykanan Capai Target 100 Persen Stop BAB Sembarangan

  1. Paprika Merah

Paprika merah baik untuk kesehatan ginjal karena rendah potasium. Paprika merah mengandung antioksidan lycopene yang menawarkan perlindungan terhadap beberapa jenis kanker.

 

  1. Bawang Merah

Bawang mengandung flavonoid dan quercetin yang mencegah pengendapan bahan lemak dalam pembuluh darah. Quercetin adalah antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.Bawang ramah ginjal dan rendah kalium. Mereka juga mengandung chromium yang membantu memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

 

  1. Asparagus

Asparagus rendah kalori dan sarat dengan vitamin A, K, dan C.

 

  1. Bawang putih

Seperti halnya bawang merah, bawang putih memiliki bau yang menyengat. Namun, bawang putih adalah salah satu obat herbal yang paling manjur. Plus, bawang putih membantu meningkatkan rasa makanan yang ditambahkan. Para peneliti telah menemukan bukti signifikan bahwa jus bawang putih, bersama dengan metformin (obat yang diresepkan untuk pasien diabetes tipe 2), menunjukkan efek renoprotektif.

Baca :   Gubernur Apresiasi Capaian Waykanan Bebas BAB Sembarangan

 

  1. Kembang kol

Kembang kol adalah sayuran ramah ginjal yang kaya akan vitamin C, folat, dan serat. Kembang kol juga mengandung senyawa yang penting bagi hati dan menetralkan zat beracun dalam tubuh.

 

  1. Apel

Apel merupakan sumber yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Apel memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi kolesterol jahat, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Karena diabetes berkaitan erat dengan gagal ginjal, mengonsumsi apel bisa membantu melindungi Anda dari masalah ginjal.(jpnn/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini