Politika Kotak Suara TPS 01 Karangmaritim Dibawa Kabur Oknum

Kotak Suara TPS 01 Karangmaritim Dibawa Kabur Oknum

Oknum warga mengambil kotak suara yang dibawa petugas kepolisian pada simulasi pengamanan pemilu 2019 di PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Kamis (14/3). Foto M. Tegar Mujahid/ Radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 di gelar Polresta Bandarlampung bersama Polda Lampung guna mengantisipasi hal-hal yang tidak mengenakan saat kampanye rapat umum dan menuju pemungutan dan penghitungan suara 17 April mendatang.

Dalam simulasi yang digelar di Hall A, B, C PKOR Wayhalim, Bandarlampung, ini melibatkan seluruh elemen. Baik jajaran Polresta Bandarlampung, Polda Lampung, Shabara serta Brimob.

Suasana mulai ricuh ketika saksi salah satu partai, tidak membawa mandat saksi dari parpol. Namun situasi cepat kembali kondusif. Kericuhan lainnya muncul pada perhitungan suara di TPS 01 lingkungan 03 Karangmaritim, Panjang, Bandarlampung. 

Di mana, saksi tak terima dengan hasil penghitungan suara yang dibacakan KPPS (kelompok panitia pemungutan suara) di TPS. Hal ini bisa dilerai dengan melakukan penghitungan ulang suara yang masuk untuk partai tersebut.

Baca :   147 Personel Jajaran Polda Lampung Dimutasi

Usai persoalan penghitungan suara di TPS selesai, kotak suara yang berisi surat suara dibawa KPPS menuju PPS (Panitia pemungutan suara) dengan dikawal anggota kepolisian. Sayangnya, muncul segerombolan orang tak dikenal datang dan langsung merebut kotak suara tersebut.

“Jangan bergerak, serahkan (kotak suara) pada kami,” sebut salah satu oknum yang mengambil kotak suara berisi surat suara tersebut.

Baca :   KPK Geruduk Polda Lampung

Dengan sigap, tim tangkal Polres Bandarlampung langsung mengejar pelaku. Sempat terjadi kejar-kejaran antar anggota dan pelaku. Beberapa lama pelaku yang mengenakan mobil dan berjumlah 4 orang itu lantas berhasil dilumpuhkan.

Kotak suara pun berhasil diraih oleh kepolisian, yang kemudian di serahkan ke KPPS untuk segera dibawa ke PPS untuk melanjutkan penghitungan suara. (rma/kyd)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini