Lampung Raya Kok, Belum Ada Pekon yang Usulkan Pencairan ADD?

Kok, Belum Ada Pekon yang Usulkan Pencairan ADD?

radarlampung.co.id – Hingga saat ini belum satu pun pekon di Lampung Barat yang mengajukan pencairan alokasi dana desa (ADD) tahap pertama sebesar 30 persen untuk tahun 2019. Sementara anggaran sebesar Rp30 miliar lebih sudah ada di kas daerah dan siap dicairkan untuk 131 pekon.

Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Lampung Barat Yuda Setiawan mengatakan, seharusnya sudah ada pekon yang  mengajukan pencairan. ”Anggarannya tidak ada kendala. Sudah ada di kas daerah sekitar Rp30 miliar. Namun belum pekon yang mengajukan pencairan,” kata Yuda, Jumat (15/3).

Baca :   Ini Kebangkitan Nasional, Ayo Kerahkan Potensi Demi Indonesia!

Dalam prosesnya, pencairan ADD tidak dilakukan serentak. Pekon yang sudah siap, mengajukan usulan dan setelah verifikasi, akan diteruskan ke Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD).

”Nantinya, kalau ada satu pekon saja yang sudah mengusulkan dan siap, maka diajukan ke BPKD untuk kemudian dicairkan. Jadi tidak saling menunggu. Siapa yang cepat (mengajukan usulan), ya duluan dapat,” tegasnya.

Yuda berharap usulan pencairan pekon sudah disampaikan paling lambat 20 Maret mendatang. Dengan begitu program-program yang sudah disusun bisa segera dilaksanakan. ”Agar tidak terhambat, pekon-pekon harus menyampaikan usulan paling lambat 20 Maret. Harapan kami, program-program di pekon bisa dilaksanakan sesegera mungkin. Kalau bisa, mulai akhir bulan ini,” tandasnya.

Baca :   Begini Kondisi Jalan Provinsi di Lambar

Diketahui, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat untuk Lampung Barat tahun ini mencapai Rp127.188.856.000. Jumlah itu naik Rp15.124.076.000 atau sekitar 13 persen dari tahun lalu yang mencapai Rp112.064.780.000. (nop/ais)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini