Berita Utama Toyota Siapkan Mobil untuk Jelajah Bulan

Toyota Siapkan Mobil untuk Jelajah Bulan

Foto dok jawapos.com

radarlampung.co.id-Produsen mobil Toyota bakal mengambil langkah besar dalam industri otomotif. Pabrikan mobil asal Jepang ini berencana mengirim mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ke bulan.

Rencana itu bagian dari kerja sama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Saat ini Toyota tengah menyiapkan pengembangan SUV sebagai kendaraan taktis menjelajah bulan.

Dilansir dari jawapos.com yang mengutip Autoevolution, kabarnya mobil itu akan didukung dengan mesin yang telah disesuaikan untuk beberapa jenis bahan bakar. Mulai dari solar sel dan panel surya. Mobil itu memiliki kemampuan jelajah 10 ribu kilometer yang akan menampung dua penumpang.

SUV Toyota ke bulan itu nantinya memiliki dimensi panjang 6 meter dan tinggi 2,8 meter. Hal itu tentunya akan menjadikan produksi Toyota ini menjadi SUV rakasasa.

Dengan dimensi demikian membuat mobil itu memiliki luas kabin 13 meter. Tentunyamemberikan ruang gerak yang sangat luas untuk astronot.

Untuk fiturnya, mobil penjelajah itu dilengkapi dengan fitur khusus. Fitur itu lebih membantu astronot supaya tidak perlu memakai pakaian ala astronot ketika berada di dalam mobil. Sebab di dalam mobil itu sudah terdapat oksigen yang cukup.

“Mereka hanya menggunakan pakaian antariksa ketika keluar dari mobil,” ujar Akio Toyoda, presiden Toyota.

Mobil penjelajah untuk di bulan juga dibekali dengan sitem otonom dan sistem manual. Pada kondisi tertentu mobil itu harus dikendalikan oleh pengemudi. Di sisi lain bisa berjalan sendiri secara otomatis.

Saat ini pengembangan segera dimulai. Toyota dan tim telah memproyeksikan pengerjaan mobil ini selama kurang lebih 10 tahun. Diperkirakan mobil itu akan didaratkan di Bulan pada 2029 mendatang. (jpc/wdi)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini