Amboi… Gugusan Pulau di Galela Mirip Raja Ampat

Penampakan pulau-pulau batu di Doro Somola, Halmahera Utara, yang kini kian diminati wisatawan lokal maupun nasional. Foto: Samsir Hamajen/Malut Post

Nama Tanjung Bongo dan Doro Somola belakangan ini populer sebagai objek wisata baru di Halmahera Utara. Keindahan lokasi yang terletak di antara Desa Soa Sio dan Desa Pune, Kecamatan Galela, itu kini makin populer di kalangan pelancong.

SAMSIR HAMAJEN, Tobelo

DI GALELA, Halmahera Utara (Halut), terdapat tanjung yang disebut Tanjung Bongo. Di sekitar tanjung tersebut terdapat pulau-pulau batu bertebaran yang kerap disebut Doro Somola. Lautnya jernih dengan kumpulan koral yang terlihat jelas dari atas daerah perbukitan di sekitarnya.

Bentuk Doro Somola yang unik sepintas mengingatkan pada Raja Ampat, ikon pariwisata Papua. Lautnya yang teduh amat cocok digunakan untuk berenang. Kini gugusan pulau-pulau di Galela itu kerap dijadikan spot untuk melakukan foto pre wedding. Perlahan tapi pasti, pariwisata di sekitar Doro Somola pun kian bergairah.

Letaknya yang tak jauh dari Pelabuhan Soa Sio, Galela, membuat lokasi wisata baru itu mudah dicapai. Dari pelabuhan tersebut, para pelancong cukup menempuh jarak 300 meter dengan katinting (perahu bermesin tempel). Warga setempat menyebut operator perahu itu dengan istilah motoris.

Ya, para motoris itu pula yang kini ikut meraup berkah dari Doro Somola dan Tanjung Bongo. Banyaknya pengunjung membuat mereka panen rezeki setiap hari. Dalam sehari, pendapatan dari mengangkut pengunjung Doro Somola bisa mencapai Rp 1,6 juta. ”Biaya pergi-pulang dari pelabuhan ke Doro Somola Rp 20 ribu per orang. Jadi, sehari saya bisa dapat Rp 1,6 juta,” ungkap Muhammad, salah seorang motoris.

Eksotisme Doro Somola memang mampu membuat wisatawan berdecak kagum. Salah satunya Dita Eka Putri, wisatawan asal Makassar, Sulawesi Selatan. Dita mengaku datang ke Galela setelah mendapat informasi lewat media sosial. Ternyata, wajah asli Doro Somola jauh lebih indah ketimbang yang dia lihat di internet. ”Justru lebih bagus. Saya jauh-jauh datang ke Galela ini hanya untuk melihat secara dekat keindahan objek wisata di sini,” tuturnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY