Keluarga Yakin Lukisan Wajah Raden Intan II Sudah Tepat

Patung Raden Inten II yang terinspirasi dari lukisan wajah (foto kanan).

radarlampung.co.id – Pihak keluarga meyakini lukisan wajah Raden Intan II adalah yang seperti sekarang beredar. “Perlu saya luruskan, yang menginap di makam Raden Intan II untuk ‘melihat’ sosoknya bukan dari TNI. Tetapi polisi yang tak lain bapak saya sendiri, AKP Batin Putra,” beber Suhari gelar Radin Pelita Bumi, kemarin (13/1).

Berdasarkan penuturan orangtuanya, pada tahun 1966 ada tim riset yang dikoordinatori Santhony Aliwian dengan anggota di antaranya AKP Djafar Husein, M. Noer, termasuk orangtuanya. “Kata Ibu, Bapak termasuk tim penyusun pahlawan Raden Intan II,” ungkap Suhari.

Dalam perjalanannya Raden Intan II dinyatakan layak menyandang gelar pahlawan. Namun tak ada dokumen yang mendukung rupa pahlawan kebangaan Lampung ini. Sehingga, orangtuanya ditugasi mencari inspirasi dan petunjuk. Sang ayah kemudian menginap di makam Raden Intan II dan makam Darah Putih.

Nah setelah pulang dari makam itu, Bapak memanggil pelukis untuk menggambar sosok Raden Intan II. Maka, jadilah seperti sekarang ini,” tuturnya.

Dia juga meluruskan, silsilah Raden Intan II bukan dari Sultan Fatahillah. Melainkan Sutan Syarif Hidayatullah. Sebab, yang menikahi Putri Sinar Alam asal Jabung, Lampung Timur, adalah Sultan Syarif.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY