Mantan Panglima TNI Jadi Petani

Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Moeldoko

radarlampung.co.id – Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Moeldoko selepas pensiun dari keprajuritan, ternyata dia masih berkecimpung untuk kepentingan orang banyak. Kini pria asal Kediri Jawa Timur itu lebih banyak berkiprah di bidang pertanian dan UMKM.

Di hadapan ratusan petani dan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Moeldoko berbicara soal pertanian dan UMKM. Pembicaraan itu tidak terlepas dari rencana para petani setempat mendaulat Moeldoko sebagai Bapak UMKM.

Menurutnya, Indonesia harus berdaulat dan swasembada pangan. Hal itu dicapai dengan cara mengoptimalkan produktivitas. Salah satu cara agar produktivitas pertanian dapat dicapai lebih tinggi, maka lahan yang digarap harus organik. Petani jangan menggunakan pupuk kimia secara berlebihan.

“Lahan pertanian harus lebih organik. Tanah harus dimuliakan dengan membatasi penggunaan pupuk nonorganik,” kata Moeldoko dalam keterangan persnya, Jumat (27/1).

Selain berbicara soal pertanian, peraih bintang Adhy Makayasa itu menyinggung soal UMKM. Menurutnya, UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. Buktinya dalam dua tahun ini jumlah UMKM terus meningkat. Pada 2016 lalu, jumlah UMKM sekitar 57,9 juta. Pada 2017 ini, pelaku UMKM mencapai 59 juta.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY