O’Bangi Gelar Pelatihan Barista

PELATIHAN: Roemah Kopi O’Bangi di Jl. Griya Utama No. 17 A, Wayhalim Permai, Bandarlampung, menggelar pelatihan kopi untuk para barista kemarin (27/2). FOTO NURMEIATI EKA ANANTA/RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Roemah Kopi O’Bangi di Jl. Griya Utama No. 17 A, Wayhalim Permai, Bandarlampung, menggelar pelatihan kopi untuk para barista kemarin (27/2). Kegiatan yang diikuti 12 barista tersebut menghadirkan dua narasumber. Yakni dari Lembaga Masyarakat Kopi Indonesia (MKI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kopi Indonesia.

Materi yang diberikan tentang pembuatan kopi. Termasuk menggunakan beberapa metode pembuatan kopi. Kemudian memberikan informasi tentang berbagai fungsi alat dan kemasan yang cocok agar kopi tahan lama serta menjaga kualitas rasa kopi tersebut.

Ketua LSP kopi Indonesia Edy Panggabean memberikan materi terkait bagaimana cara pengemasan kopi agar tahan lama.

“Agar kopi tahan lama, sebaiknya di-vakumkan dengan memberikan kemasan tertutup (tanpa udara). Dan dengan kondisi green been (belum digiling) agar lebih tahan lama,” katanya.

Untuk hari ini (Kemarin,Red), lanjut dia, diberikan bimbingan teknik terlebih dahulu. “Dan besok (Hari ini,Red) baru diuji layak atau tidaknya Kafe Kopi O’Bangi ini mendapatkan sertifikat profesi kopi dari LSP,” lanjutnya.

Untuk hari ini, akan dilakukan uji kompetensi. Seperti kemampuan mengelola bahan baku, peralatan, perlengkapan, area kerja, pelanggan, mengeporasikan peralatan, memutakhiran pengetahuan tentang produk kopi serta lain-lain terkait penyajian dan cara menyajikan kepada pelanggan.

“Sedangkan untuk demonstrasi dilakukan sore harinya. Terdapat dua metode dalam pembuatannya. Yaitu dengan metode manual brewing (dripper, french press,tubruk, ibrik, moka Expressen) dan modern brewing (pembuatan ekspreso, cappucino,dan latte art) dengan menggunakan dua jenis kopi yaitu arabika dan robusta,” terang Chandra, tim MKI.(cw26/c1/wan)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY