Gardu Meledak, Listrik 300 Rumah Padam

Ilustrasi

radarlampung.co.id  – Belum genap enam bulan listrik menerangi wilayah Tiyuh Pagardewa, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), Minggu (19/3) sekira pukul 05.30 WIB, gardu listrik di sana meledak.

Belum diketahui pasti penyebabnya. Namun akibat dari peristiwa itu sebagian besar aliran listrik ke rumah warga hingga siang terputus. ’’Tadi pagi sekitar habis subuh terdengar suara letusan api. Disusul listrik padam. Ternyata gardu yang di dekat masjid meledak,”ungkap Sukri (44), warga Tiyuh Pagar Dewa kepada wartawan.

Dia menerangkan, warga sekitar sempat kaget mendengar bunyi yang keras tersebut. Namun segera sadar ketika melihat listrik padam. “Warga sempat berkumpul mencari sumber ledakan. Warga tidak percaya kalau gardu listrik PLN yang meledak, karena listrik PLN di Tiyuh Pagar Dewa ini baru saja beroperasi Desember 2016,” imbuhnya.

Diketahui, terdapat sekitar 300 rumah di Tiyuh Pagardewa yang mengalami pemadaman listrik akibat meledaknya gardu listrik itu. Kira-kira setengah dari seluruh rumah di Pagar Dewa. “Karena gardu yang meledak itu jalur masuk tiyuh tepatnya di masjid. Ya kami sudah menghubungi pihak PLN, tapi sampai saat ini belum terlihat ada yang perbaikan,” kesal Camat Pagar Dewa Umar Usman.

Dihubungi terpisah, Petugas PLN Ranting Pulung Kencana Slamet menyatakan sudah mengetahui peristiwa tersebut. Dia menduga ledakan gardu itu akibat terputusnya NH pusling gardu PLN blok Gardu.

“Iya sudah dapat info, nanti ditangani. Saya sudah konfirmasi dengan petugas lain. Namun mereka masih perbaiki gangguan di Kelurahan Mulyaasri,” tukasnya. (fei/ded/c1/ade)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY