Kembalikan Sisa Anggaran Pilkada

Ilustrasi

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesuji akan mengembalikan sisa anggaran penyelenggaraan Pilkada 2017 ke kas pemkab setempat. Namun, sisa dana pilkada belum diketahui lantaran dalam tahap penghitungan.

Sekretaris KPU Mesuji Iklas Setia mengatakan, dana hibah daerah yang diperuntukkan pelaksanaan Pilkada Mesuji tersebut sebesar Rp13,7 miliar yang digunakan saat pelaksanaan Pilkada 2017.

”Nantinya itu akan kami kembalikan sisanya ke kas Pemda Mesuji selaku pemberi dana hibah,” kata Iklas saat dikonfirmasi oleh Radar Lampung kemarin.

Menurutnya, KPU saat ini sedang menyiapkan laporan atau masih menghitung selama proses tahapan Pilkada dari awal hingga akhir sejak Pelaksanaan Pilkada. Selain itu ia mengemukakan, laporan tersebut berisikan semua tahapan yang telah dilakukan penyelenggara dari tingkat bawah hingga atas atau dari Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS) sampai ke KPU.

Saat ditanya mengenai besaran sisa nilai anggaran yang harus dikembalikan, oleh pihak KPU Mesuji ke pemkab, Ikhlas mengaku belum tahu persis jumlahnya. Karena sampai saat ini masih dihitung oleh Sekretariat KPU setempat.

“Laporan ini nantinya berisi seluruh kegiatan kami dari awal hingga akhir. Termasuk barang bukti pendamping kegiatan dalam penggunaan dana laporan tersebut rencananya akan kami serahkan pada pemerintah daerah paling lambat pada bulan Mei 2017 mendatang,” ucapnya.

Yang jelas, lanjut dia, dalam tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati mesuji KPU Mesuji semua laporan pelaksanaan tahapan pemilihan dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana hibah ini akan dirampungkan sedetail mungkin. (muk/c1/gus)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY