Rumah Bersejarah Lampung Terancam Jadi Ruko

SAKSI SEJARAH: Rumah Daswati adalah rumah penuh sejarah bagi provinsi ini. Sebab, di rumah inilah pembentukan Provinsi Lampung dibahas. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Semarak peringatan HUT Ke-53 Lampung sepertinya belum diimbangi kepedulian sejarah Lampung. Buktinya, Rumah Daswati, yang dikenal sebagai tempat lahirnya provinsi ini, terancam dirobohkan untuk didirikan ruko.

Penjaga Rumah Daswati, Jasmin (57) atau yang akrab disapa Ijas, membenarkan hal tersebut. Pria yang tinggal sejak 2007 di rumah itu mengatakan, sempat ada orang dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang mengukur tanah tersebut untuk dibuat sertifikat.

’’Pemilik sebelumnya menjual rumah ini kepada pengusaha di Jakarta. Sejak saat itu saya diminta untuk menjaga. Sebab kalau dibiarkan pasti roboh karena dijarah orang,” ujarnya kemarin (19/3).

Dia mengatakan, beberapa komunitas sempat mengajukan kepada Pemprov Lampung untuk merenovasi rumah tersebut. Namun hingga saat ini belum diketahui kelanjutannya.

”Dulu waktu saya baru pindah rumah ini dijual Rp1,6 miliar. Sekarang katanya tanah di sini sudah Rp15 juta per meter. Sedangkan luas bangunan 1400 meter persegi, kalau dijual jadi Rp21 miliar. Ya wajar saja kalau mau dijual,” ungkapnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY