894 SMA/SMK di Lampung Gelar USBN

Tidak Ada Alasan Sekolah Bocorkan Soal

Ilustrasi

radarlampung.co.id – Sekitar 894 sekolah jenjang SMA/SMK di Lampung melaksanakan ujian sekolah berstandar nasional (USBN). Ujian yang akan dilaksanakan selama empat hari itu dimulai hari ini (20/3).

Sementara, naskah soal USBN yang disimpan di masing-masing subrayon telah didistribusikan sejak Jumat (17/3).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan kepala sekolah terkait pengamanan dan penjagaan kerahasiaan soal.

Menurut dia, tidak ada alasan bagi guru untuk membocorkan soal kepada siswanya. Sebab, sekitar 75–80 persen soal merupakan buatan guru mata pelajaran itu sendiri. Kemudian sisanya merupakan soal yang telah dibuat oleh panitia ujian pusat.

Malahan, sambung dia, dalam rapat koordinasi dengan pihak MKKS sebelumnya, telah ditekankan oleh Disdikdbud. Bahwa USBN dan Ujian Nasional (UN) yang sekarang tidak lagi menjadi penentu kelulusan, dapat membantu Pemprov Lampung untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa.

Karenanya, dia telah menghimbau sekolah, agar berperan aktif mendukung siswanya, agar bisa memberikan hasil murni yang maksimal dalam ujian. Baik USBN, ujian sekolah, maupun UN nanti.

Disinggung soal persiapan UN yang akan dilaksanakan pada April medatang. Sulpakar mengatakan, beradasarkan hasil rapat koordinasi pihaknya sepakat untuk mulai mendistribusikan naskah soal UN kertas dan pensil (UNKP) H-3 pelaksanaan UN.

Sama halnya dengan pendistribusian naskah USBN. Dirinya berharap kepada sekolah dan MKKS bisa bekerjasama menjaga kerahasian naskah soal setelah didistribusikan ke masing-masing kabupaten/kota. Naskah soal UN sendiri 100 persen berasal dari panitia pusat. Pencetakan soal telah rampung, dan saat ini sudah didistribusikan ke masing-masing provinsi di Indonesia. (ega/c1/nui)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY