Ini Dia Juara Kontes Robot Teknokrat 2017

BERSAMA JUARA: Unsur pimpinan Universitas Teknokrat Indonesia foto bersama para juara Kontes Robot tahun 2017. FOTO DOK. TEKNOKRAT FOR RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Universitas Teknokrat Indonesia sukses menggelar Kontes Robot 2017. Agenda bertajuk Creating Excellent Generation through Mastering Robotics Competency ini diikuti oleh 74 peserta dari 37 tim robot yang berasal dari 13 sekolah di Lampung.

Ajang yang digelar di gelanggang mahasiswa kampus setempat ini berlangsung pada (24-25/3) vdengan dua kategori lomba. Yakni kontes Line Follower yang diikuti oleh 19 tim, dan kontes Roket Air 18 tim.

Untuk kategori Kontes Line Follower tim dari SMKN 3 Metro keluar sebagai juara I dan II, sedangkan juara III diraih tim dari SMA YP Unila. Sedangkan kategori Kontes Roket Air, dimenangkan SMKN 2 Bandarlampung, menyusul SMAN 1 Pringsewu dan SMA YP Unila juara II dan III.

Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK), Yeni Agus Nurhuda, S.Si, M.Cs, menyebutkan, kontes robot ini digelar untuk merangsang dan meningkatkan minat dan bakat siswa di bidang teknologi robotika.

’’Sesuai tema, kita berusaha menciptakan generasi hebat di bidang robotika. Kami ingin para pelajar di Lampung temotivasi menciptakan karya-karya robotika dan mengembangkan teknologi robotika yang sudah ada,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat Mahathir Muhammad, S.E., M.M. mengaku sangat bangga dapat melihat para pelajar Indonesia bersaing dalam prestasi. Terlebih di bidang robotika yang masih belum populer di beberapa sekolah di Indonesia, khususnya di Lampung.

’’Robotika perlu skill tinggi. Saya bangga karena masih banyak generasi muda yang bersemangat mengembangkan robotika. Harapan saya, kegiatan robotika ini dapat dikembangkan di semua sekolah. Dengan begitu teknologi di Indonesia kian berkembang dan maju,” uajrnya.

Mahathir menambahkan, Teknokrat sebagai kampus sang juara, tak terkecuali di bidang robotika akan senantiasa mengembangkan dan memajukan teknologi robot. ’’Kontes Robot Teknokrat yang rutin diadakan setahun sekali ini merupakan bukti kepedulian Teknokrat terhadap dunia robotika,” jelasnya.

Bagi Teknokrat, bidang robotika merupakan salah satu program andalan. Berbagai prestasi baik di tingkat regional dan nasional telah diukir mahasiswa. Selain itu, Teknokrat memiliki pesawat drone yang canggih dan telah digunakan oleh sejumlah lembaga baik pemerintah maupun swasta. (ega/c1/nui)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY