Sastrawan Lampung Hadiri Kongres Penulis Indonesia

Udo Z Karzi. Foto: dokumen pribadi

Radarlampung.co.id – Badan Ekonomi Kreatif menggelar Kongres Perhimpunan Penulis Indonesia ”Satupena”  di Hotel Aston Solo, 26-29 April 2017 mendatang.

Salah seorang penulis Lampung yang diundang Zulkarnain Zubairi mengatakan, organisasi penulis ini lintas genre, daerah, dan usia.

Penulis yang akrab yang lebih dikenal dengan nama ini Udo Z Karzi mengatakan, berdasar undangan yang diterimanya ada sekitar 105 orang dari berbagai daerah yang akan menghadiri kongres tersebut.

Udo sendiri dikenal luas sebagai penulis tema-tema sastra dan budaya Lampung lewat karya-karyanya. ”Mudah-mudahan bila tidak ada halangan saya akan datang ke kongres tersebut,” ujarnya, kemarin (21/4).

Ketua Panitia Imelda Akmal mengatakan, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mensponsori pembentukan Asosiasi Penulis Nasional yang disingkat Satupena.

Serangkaian rapat digelar mulai Oktober 2016 di Hotel Pelataran Borobudur, Magelang; Desember di Mercure, Cikini, Jakarta; dan Februari di Hotel Morrissey, Kebun Sirih, Jakarta. Hasil dari rapat-rapat ini mengarah pada Kongres pertama.

Imelda mengakui, dukungan penulis dari berbagai genre penulisan cukup berkobar. Ada Nasir Tamara, Eka Budianta, Asma Nadia, Dee Lestari, Ahmad Fuadi, Djokolelono, Fakhrunas MA Jabar, Candra Malik, Langit Kresna Hariadi, Amelia Day, dan banyak lagi.

“Tujuan asosiasi itu untuk memayungi para penulis buku dalam mengembangkan profesinya dan menjaga hak-haknya dalam menjalankan profesi,” pungkasnya. (rls/ade)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY