Survei Rakata

Dukungan Mengerucut pada 3 Calon

Radarlampung.co.id – Rakata Institute merilis hasil survei menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018. Hasilnya, tiga kandidat calon gubernur (cagub) bersaing ketat. Ketiganya adalah petahana Gubernur M. Ridho Ficardo, Wali Kota Bandarlampung Herman H.N., dan Bupati Lampung Tengah Mustafa.

Rakata menggelar survei pada 10–14 Mei 2017. Metode yang digunakan stratified random sampling (SRS) dan melibatkan 1.000 responden yang tersebar di 15 kabupaten/kota. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen dan toleransi kesalahan (margin of error) lebih kurang tiga persen. Namun dari data survei itu, ternyata swing voters atau yang belum menentukan pilihan masih cukup tinggi, yakni mencapai 44,7 persen.

Dari data tersebut, tentu belum menunjukkan kekuatan calon yang sesungguhnya. Tetapi setidaknya, persaingan ketat akan terjadi pada tiga nama, yaitu Ridho, Herman, dan Mustafa. Namun dengan margin of error 3 persen dan swing voters mencapai 44,7 persen, maka sangat memungkinkan terjadinya pergeseran.

Manajer Riset Rakata Institute Yuli Harmoko mengungkapkan, tiga tokoh yang memiliki popularitas tertinggi di Lampung yakni Ridho 90,8 persen, Herman 70,40 persen, dan Mustafa 43,7 persen.

’’Sementara, delapan cagub lainnya berada di bawah 40 persen. Yakni Bachtiar Basri (34,60%); M. Alzier Dianis T. (31,20%); Mukhlis Basri (22,40%); Aziz Syamsudin (10,20%); Ike Edwin (9,40%); Almuzzammil Yusuf (9,20%); Arinal Djunaidi (7,70%); dan Ananda Tohpati (4,90%),” kata Yuli saat memberikan keterangan pers di Hotel Grand Anugerah kemarin.

Sedangkan berdasarkan survei akseptabilitas, Ridho tetap berada di posisi teratas dengan 46 persen. Disusul Herman 40,20 persen dan Mustafa 25,20 persen. ’’Akseptabilitas ini diajukan kepada responden yang sudah kenal atau tahu nama-nama tokoh di Lampung untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat dengan calon tersebut,” terangnya.

Tetapi yang mengejutkan, hasil survei elektabilitas Mustafa menduduki peringkat teratas. Mustafa unggul dengan perolehan 15,00 persen, disusul Herman H.N. 14,10% dan Ridho 13,90%.

’’Melihat hasil ketiga survei tersebut, maka hanya tiga tokoh itu yang berpeluang menjadi bakal calon gubernur. Sedangkan untuk nama tokoh lainnya berpeluang menjadi calon wakil gubenur,” jelasnya.

Yuli menambahkan, pada indeks kesukaan masyarakat dibandingkan popularitas, tiga calon juga bersaing ketat. Mustafa berada di posisi teratas dengan 57,67 persen. Unggul tipis dari Herman H.N. dengan 57,10% dan Ridho (50,77%). ’’Indeks ini dihitung dari tingkat kesukaan dilihat dari banyaknya responden atau masyarakat yang mengenal tiga tokoh tersebut,” ujarnya.

Selain itu, indeks keterpilihan masyarakat dibandingkan akseptabilitas, Mustafa meraih 59,52 persen, disusul Herman H.N. dengan 35,07% dan Ridho (30,15%). ’’Indeks ini dihitung dari tingkat keterpilihan dilihat dari banyaknya responden atau masyarakat yang menyukai tiga tokoh tersebut,” terangnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY