Proses Ambil Gambar Hanya Butuh Setengah Hari

Karya SMKN 5 Bandarlampung Sabet Juara III di Ajang FFS

SELAMAT!: Fikri Rahman mewakili SMKN 5 Bandarlampung saat menerima penghargaan di ajang Festival Film Surabaya, Maret 2017. FOTO IST FOR RADAR LAMPUNG

Radarlampung.co.id – Talenta-talenta muda bermunculan di Kota Bandarlampung. Salah satunya, Fikri Rahman. Siswa SMK Negeri 5 Bandarlampung ini baru saja menorehkan prestasi apik. Karyanya membawa SMKN 5 menyabet juara III kategori film iklan layanan masyarakat pada Festival Film Surabaya, Maret 2017.

Laporan Inggrid Putri Surahman, BANDARLAMPUNG

DI Festival Film Surabaya (FFS) 2017, SMKN 5 Bandarlampung bisa berbicara banyak. Ya, karya Fikri yang berjudul 4 Sehat 5 Sempurna mampu menyedot perhatian dewan juri.

Padahal, Fikri sendiri tak menyangka karyanya bakal menjadi juara III.  Karya tersebut dikerjakan saat dirinya sibuk mempersiapkan ujan nasional pada April lalu.

’’Awalnya saya shock mbak. Bahkan saat maju ke atas panggung saja kaki ini bergetar kuat,” ujar pria berwajah tirus tersebut kepada Radar Lampung kemarin.

Fikri bercerita, untuk proses pembuatan film dirinya hanyamengandalkan perlengkapan seadanya. Awalnya, lanjut Fikri, ia mendapat informasi lomba dari salah seorang guru.

Kemudian Fikri tertarik untuk mengikutinya. Lalu, dia mengirimkan trailer iklan yang sudah dibuatnya ke panitia festival. “Dan ternyata saya mendapat informasi melalui e-mail. Jika iklan yang saya kirim layak untuk mengikuti Festival Film Surabaya,” katanya.

Iklan layanan masyarakat yang telah dibuatnya berdurasi 2 menit. Iklan itu mengusung tema pola hidup sehat.  Iklan tersebut diperankan oleh seorang teman sekelasnya.  Sedangkan proses editing dan pengambilan gambar dilakukan oleh dirinya sendiri.

Iklan itu bercerita tentang seorang remaja yang tengah melakukan pemanasan di sebuah stadion olahraga. Setelah pemanasan, pemuda tersebut menyantap hidangan 4 sehat 5 sempurna.

Selain berisi beberapa adegan,  iklan tersebut juga terdapat beberapa lantunan backsound. Juga ada narasi yang mengajak masyarakat untuk terus melakukan pola hidup sehat.

Menurut Fikri, dirinya butuh hanya setengah hari untuk mengambil gambar. Kemudian dilanjutkan proses editing selama tiga hari. ’’Setelah itu baru saya kirim ke panitia,” katanya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY