Agustus, Pendaftaran CPNS Dibuka

Ada 14 Ribu Kuota untuk Lulusan SMA

Ilustrasi
- Advertisement -

radarlampung.co.id – Setelah ditunggu sekian lama, pemerintah akhirnya mengumumkan secara resmi lowongan CPNS baru 2017. Tidak tanggung-tanggung, kuotanya mencapai 19 ribu kursi lebih.

Pengumuman dibukanya lowongan CPNS baru itu disampaikan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur didampingi Kepala Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung (MA) Aco Nur, Sekjen Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, dan Deputi SDM Aparatur Kemenpan-RB Setiawan Wangsaatmaja.

Asman Abnur meminta masyarakat waspada terhadap penipuan dengan modus dapat meloloskan jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) baru. Dijadwalkan publik bisa menyimak informasi resmi di website Kemenpan-RB, BKN, MA, dan Kemenkumham mulai hari ini.

Lowongan yang dibuka kali ini memang sangat terbatas. Formasinya hanya untuk calon hakim, penjaga tahanan, analisis keimigrasian, dan 19 jabatan teknis lain di Kemenkumham. Perincian kuotanya adalah untuk formasi calon hakim tersedia 1.684 kursi, penjaga tahanan atau sipir 14.000 kursi, analisis keimigrasian 2.278 kursi, dan 19 jabatan teknis lainnya dengan kuota 1.268 kursi.

Pendaftaran rencananya dibuka pada 1–31 Agustus mendatang. Pendaftaran terpusat secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id. Pelamar harus melalui saringan awal, yakni seleksi administrasi. Kemudian bagi yang lulus harus melewati seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT). Kemudian juga ada seleksi kompetensi bidang (SKB) sesuai formasi masing-masing.

Asman menuturkan, kualifikasi pelamar untuk calon hakim adalah sarjana hukum, sarjana syariah, dan sarjana hukum Islam. Sementara kualifikasi untuk analisis keimigrasian adalah sarjana hukum, sosial politik, ekonomi, akuntansi, komunikasi, teknik informatika, teknik komputer, dan bahasa asing. Sedangkan formasi sipir cukup lulusan SMA sederajat dan memiliki kemampuan komputer.

Dia mengatakan, sistem atau manajemen rekrutmen CPNS baru sudah ditata dengan baik. Sebab, pemerintah mengharapkan CPNS baru yang diterima benar-benar sesuai dengan kompetensi atau keahlian. ’’Selama ini mungkin bisa meminta bantuan, rekomendasi, titipan, saya nyatakan tidak ada lagi,’’ tegasnya.

Kepada masyarakat umum, Asman berharap untuk hati-hati dan waspada. Jangan sampai ada masyarakat yang tertipu dengan penjahat atau oknum calon. Biasanya mereka menebar jala penipuan dengan iming-iming bisa meloloskan menjadi CPNS baru.

’’Saya tegaskan yang bisa membantu masuk jadi CPNS baru itu ya kemampuan si pelamar sendiri,’’ jelasnya. Pemerintah tidak bertanggung jawab jika sampai ada masyarakat yang tertipu puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta, untuk bisa jadi CPNS baru. Sebab, Asman mengatakan proses rekrutmen CPNS baru tidak dipungut biaya.

Sementara itu, animo masyarakat untuk mengetahui informasi cukup tinggi. Salah satu indikasinya adalah website Kemenpan-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kemenkumham tadi malam tidak bisa diakses. Menurut pegawai humas Kemenpan-RB, sedang ada perawatan untuk mengatasi tingginya lalu lintas pengunjung.

Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto mengatakan, beberapa waktu lalu sempat beredar surat lowongan CPNS di lembaganya. Dia berharap masyarakat berpatokan pada informasi resmi yang dilansir Kemenpan-RB. ’’Pendaftaran CPNS baru juga terpusat melalui sistem di Kemenpan-RB,’’ ungkapnya.

Seputar Penerimaan PNS

  • Calon hakim 1.684 kursi
  • Penjaga tahanan atau sipir 14.000 kursi
  • Analisis keimigrasian 2.278 kursi
  • Jabatan teknis lainnya 1.268 kursi.
  • Pendaftaran dibuka pada 1–31 Agustus mendatang
  • Pendaftaran terpusat secara online melalui website https://sscn.bkn.go.id.

(jpg/c1/fik)

- Advertisement -
loading...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY