Ajang Tarung Calon Muda-Kawakan

367
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018 diprediksi berlangsung seru. Pilgub juga akan menjadi ajang pertarungan calon muda dengan calon kawakan.

’’Namun untuk saat ini, calon dari barisan muda belum muncul, selain petahana Gubernur M. Ridho Ficardo,” kata akademisi Universitas Lampung (Unila) Suwondo kemarin.

Sedangkan mantan Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza S.Z.P., lanjutnya, belum bisa dipastikan apakah akan maju dalam pilgub. ’’Kalau Rycko kemungkinan masih fifty-fifty, karena dia belum menguasai daerah. Tetapi, dia punya aset bisa ke Golkar dan PDIP,” tukas dosen FISIP Unila tersebut.

Wondo juga melihat peluang calon dari kalangan muda yang berpotnsi maju yakni anggota DPR RI Aziz Syamsuddin. “Tapi kalau Aziz ini tergantung negosiasinya dengan Arinal Djunaidi, karena ketua Golkar Lampng pak Arinal. Kalau Arinal tidak maju kemungkinan Aziz yang maju,” ujarnya.

Mantan Ketua KPU Lampung itu juga melihat calon dari kalangan berumur yang berpotensi menjadi pendamping maupun rival barisan muda tersebut adalah mantan Kapolda Lampung Ike Edwin, Anggota DPR RI Hendri Yosodiningrat. “Kejutan juga bisa dari Lampung Selatan, Zainudin Hasan,” ucapnya.

Sementara itu, Wondo tidak melihat peluang Wagub Bachtiar Basri dan anggota DPR Tamanuri untuk bisa bersaing di Pilgub Lampung. “Saya belum melihat peluang itu dari mereka. Karena saya lihat, untuk calon ke depan itu minimal amunisinya harus kuat dulu,” jelasnya.

Sedangkan, Wondo menilai Pilgub Lampung bukan menjdi arena bagi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan untuk untuk tampil dalam panggung pertarungan politik. Sebaliknya, peluang terbuka bagi anggota DPR Zulkifli Anwar untuk menambah daftar calon gubernur dari kalangan senior.

“Tapi sebenarnya dari semua itu kita lihat kesiapan modalnya. Tapi saya lebih melihat potensi besar itu untuk memenangkan Pilgub ada di calon yang sedang menjabat (kepala daerah),” tandasnya.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here