Andi Surya Pimpin Diskusi Generasi Cerdas Tanpa Narkoba

64

BANDARLAMPUNG – Informasi maraknya penyalahgunaan narkotika yang telah merambah siswa di sekolah membuat prihatin banyak pihak. Menyikapi fenomena itu, kemarin (11/11), bertempat di aula Global Surya, Zebe Manajemen menggelar diskusi dengan menggandeng beberapa pembicara ahli yang berkaitan erat dalam pemberantasan peredaran narkoba di Lampung.

Weekend discussion mari bangun Lampung bersama ini dihadiri sekitar 100 peserta dari kalangan siswa SMP dan SMA, serta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Lampung.

Diskusi ini dipimpin langsung anggota DPD RI Perwakilan Lampung Andi Surya. Hadir dalam diskusi ini Staf Ahli Kapolri Bidang Politik Irjen Pol. Ike Edwin. Kemudian Ketua Granat Lampung Tony Eka Chandra, perwakilan Direktorat Narkoba (Dirnarkoba) Polda Lampung AKBP Afrizal Sikumbang, dan ketua Gerakan Anti Narkotika Nasional (GANN) Lampung M. Fazari.

Diskusi ini mengangkat tema ’’Generazi Cerdas Tanpa Narkoba”. Berdasarkan penuturan para narasumber, guna mencegah penyalahgunaan narkotika harus dimulai dari diri masing-masing. Seperti yang selalu diamalkan Dang Ike -sapaan akrab Irjen Pol Ike Edwin. ’’Saya selalu menjauhi diri dari rokok, minuman keras, terlebih narkoba,” ujar Dang Ike.

Pria dengan bintang dua di pundaknya ini mengatakan, anak muda wajib mengontrol diri dengan pergaulan. Serta tak melepaskan peran keluarga.

Displin menjadi catatan kedua Dang Ike sebagai tips menjauhi narkoba. Ya, sejak masih anak-anak Dang Ike bersama kakak dan adiknya telah mendapatkan pendidikan dari kedua orang tuanya tentang penanaman sikap displin yang hingga kini melekat di dirinya.

Tips berikutnya adalah jujur pada diri sendiri. Membahas tips satu ini, Dang turut memberikan kuis terkait apakah ada peserta yang sudah pernah menggunakan narkoba, minimal pernah melihatnya. Sebanyak 10 anak maju dan hampir kesemuanya mengatakan pernah melihat narkoba.

’’Dengan berbagai kondisi, mulai dari penangkapan polisi hingga lihat dari tetangga, bahkan keluarganya yang penting bisa jujur dulu. Inilah yang juga penting. Kita juga wajib meningkatkan prestasi,” tambah dia. Yang jelas, tegas dia, anak muda harus berani memerangi narkoba.

Sementara Ketua Granat Lampung Tony Eka Candra mengatakan, masih banyaknya oknum penyalahgunaan narkoba di Lampung. Sebagian diantaranya disebabkan oleh kurangnnya peran pemerintah untuk mencegah hal ini.

’’Bahkan dari segi anggaran memang sudah kurang. Lebih baik, pencegahan masuknya narkoba digiatkan lagi,” tambah dia.

Sementara Dir Narkoba yang diwakili AKBP Afrizal Sikumbang mengatakan, tren keberadaan narkoba di Lampung selalu naik. Untuk itu, jika para siswa ada yang melihat orang sekelilingnya mengkonsumsi narkoba, diminta tak segan melaporkannya. ’’Dan cara paling mudah memerangi narkoba adalah dengan tidak mengkonsumsi narkoba,” pungkasnya. (rma/sur)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here