Aptisi Minta Dukungan Pemprov Lampung

55
FOTO BERSAMA: Gubernur M. Ridho Ficardo foto bersama pengurus pusat Aptisi dan pengurus Aptisi Wilayah II B Lampung usai pelantikan. FOTO IST FOR RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Gubernur M. Ridho Ficardo mendorong perguruan tinggi swasta (PTS) di Provinsi Lampung agar mampu bersaing, bahkan lebih maju daripada perguruan tinggi negeri (PTN).

Dia meyakini jika PTS maju, berarti pendidikan maju. ’’Untuk itu, program peningkatan pendidikan harus disusun dengan baik,’’ kata Ridho saat menghadiri pelantikan pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah II B Lampung periode 2017–2021 di Ballroom Hotel Emersia, Selasa (11/7) malam.

Dia berharap program Aptisi dapat bersinergi dengan Pemeritah Provinsi (Pemprov) Lampung. Sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, unggul, dan berdaya saing. ’’Kami berharap Aptisi dapat membawa perkembangan PTS ke arah yang lebih baik lagi dan melahirkan sarjana berkualitas,’’ tuturnya.

Sementara itu, ketua Aptisi Provinsi Lampung, Firmansyah mengaku siap mendukung Pemprov Lampung dalam mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya memajukan pendidikan di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Menurutnya, Aptisi akan mendorong Lampung menjadi destinasi pendidikan dan mendorong PTS untuk terus peningkatan riset pariwisata daerah. ’’Aptisi akan bersinergi dengan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/ kota untuk berkontribusi membentuk generasi cerdas,’’ tandasnya.

Perbaikan mutu PTS, menurut Firmasnyah, tidak terlepas dari perhatian pemerintah daerah untuk membantu memfasilitasi peningkatan sarana dan SDM. Untuk itu, APTISI Wilayah II-B Lampung berupaya menjembatani sinergi antara Pemda dan PTS untuk membentuk generasi berkualitas.

Dengan bantuan pemerintah, kata Firmansyah, PTS dapat meningkatkan kualitas layanan yang berdampak pada output lulusan bermutu. Tanpa kualitas, lulusan yang dihasilkan tidak akan berguna bagi masyarakat, dan eksistensi perguruan tinggi yang bersangkutan juga dapat terancam.

’’Kami berharap pemerintah turut meningkatkan kualitas SDM melalui pengalokasian dana beasiswa bagi calon mahasiswa yang tidak mampu, dan beasiswa bagi dosen berprestasi. Selain itu, pemerintah daerah juga dapat membantu PTS dalam melakukan pengembangan penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,’’ ujarnya.

Dia menilai peran pemerintah sangat strategis, mengingat dari 79 PTS di Lampung, hanya 5 persen terakreditasi A. Sisanya 35 persen terakreditasi B, dan 65 persen terakreditasi C. ’’Mayoritas PTS masih terakreditasi C, ini yang menjadi tugas APTISI untuk memotivasi PTS lain agar meningkatkan mutu ke depannya,” kata Firmansyah

Senada diungkapkan Ketua Pengurus Pusat Aptisi Dr. M. Budi Djatmiko. Dia meminta dukungan pemprov untuk kemajuan pendidikan di provinsi ini. Dia yakin PTS di Lampung akan berjaya dengan dukungan pemerintah.

Budi Djatmiko juga mengapresiasi kehadiran gubernur dalam agenda pelantikan tersebut. ’’Banyak provinsi yang gubernurnya hadir dalam acara pelantikan Aptisi. Semuanya menjadi gubernur lagi yang kedua kali. Di Lampung ini yakin pak gubernur bisa terpilih lagi,’’ guraunya

Sementara itu, Koordinator Kopertis Wilayah II, Prof. Slamet Widodo berpesan agar PTS dapat menjaga kekompakan internal agar tidak terjadi konflik dan menimbulkan perpecahan. (rls/gie/c1/nui)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here