Banjir Rob, Ratusan Rumah Terendam

136
RATUSAN RUMAH TERENDAM: Banjir rob yang terjadi di Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan. Selain ratusan rumah, peristiwa yang terjadi sejak empat hari lalu tersebut juga merendam puluhan hektare tambak. FOTO IDHO MAI SAPUTRA/RADAR LAMSEL/RNN

radarlampung.co.id – Banjir rob merendam ratusan rumah di Desa Bandaragung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan. Peristiwa yang terjadi sejak empat hari lalu tersebut juga merendam puluhan hektare tambak.

Kondisi terparah terjadi Rabu (6/12). Ketinggian air mencapai lutut orang dewasa sehingga mengganggu aktivitas masyarakat.

Menurut Depli (35), warga Dusun Kualajaya, setidaknya ada 400 rumah yang terendam. Banjir terjadi sejak Minggu (3/12) dengan ketinggian air mencapai 30-40 cm. ’’Laut pasang menyebabkan ketinggian air bertambah,” kata Depli.

Dilanjutkan, kondisi tersebut terjadi setiap tahun. Namun untuk peristiwa kali ini, air laut memasuki pemukiman warga. Banjir terjadi mulai sekitar pukul 07.00 WIB hingga 15.00 WIB. ”Tapi terkadang banjir datang malam hari,” ujarnya.

Kepala Dusun Kualajaya Syarifudin mengatakan, sebanyak 450 kepala keluarga menjadi korban banjir rob. ”Aktivitas warga terganggu. Bahkan, anak sekolah juga tidak bisa melakukan aktifitasnya. Begitu juga jalan penghubung Dusun Kualajaya-Umbulbesar, Desa Bandaragung terhambat,” kata Syariffudin.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamsel M. Darmawan mengatakan, banjir yang terjadi di Desa Bandaragung terjadi pada pagi atau saat sungai Way Sekampung pasang. Siang hari, ketinggian air berlangsung surut.

Wilayah ini menjadi langganan banjir rob setiap tahunnya. Sebab lokasi pemukiman berada di bawah tanggul Sungai Way Sekampung. Apabila hujan lebat, luapan air akan masuk ke pemukiman warga.

”Pemerintah sudah sering kali menghimbau agar masyarakat tidak tinggal di daerah tersebut. Sebab wilayah itu masuk kawasan register. Namun yang terjadi, masyarakat malah memodifikasi rumah mereka, agar tidak terendam,” kata Darmawan.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here