Senin, 1 September 2014
     
Home Berita Utama Warning Tujuh Pemda di Lampung

Warning Tujuh Pemda di Lampung

3289
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
Belum Umumkan Lowongan CPNS  
JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bakal menegur pemerintah daerah (pemda) yang hingga kemarin belum mengumumkan formasi CPNS baru periode 2013. Padahal, kuota sudah diberikan.

    Penegasan ini disampaikan Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas) Kemenpan RB M. Imanuddin. Dia menyebutkan banyak media yang bisa dipakai untuk mengumumkan lowongan formasi CPNS 2013. Mulai dari media cetak daerah setempat, website resmi, sampai pengumuman tempelan biasa, tapi dipasang hingga di kantor desa, kelurahan, hingga kecamatan.

     ’’Pengumuman setidaknya berisi jabatan yang dibutuhkan, jumlahnya, akan ditempatkan di mana, dan kualifikasi minimalnya apa. Kita akan menegur mereka yang tidak mengumumkannya,’’ katanya kemarin.

Dia menyebutkan masih ada laporan bahwa instansi penerima kuota CPNS baru belum mengumumkan ke masyarakat. Padahal pengalokasian itu sudah dilakukan beberapa pekan lalu.

    Imanuddin menyampaikan, hingga kini masih bermunculan sejumlah pertanyaan dari warga masyarakat, baik melalui SMS, telepon, bahkan ada yang datang ke Kemenpan RB. Mereka menanyakan di mana mereka bisa mengetahui pengumuman itu, apakah di Kemenpan RB atau di masing-masing instansi.  ’’Selain itu, masyarakat banyak yang menanyakan lokasi dan jadwal ujian,’’ ujarnya.

    Menurutnya, pengumuman formasi atau lowongan CPNS merupakan upaya transparansi dalam penerimaan calon aparatur baru. ’’Masyarakat bisa mengetahui posisi pekerjaan apa yang sesuai dengan ijazahnya,’’ kata dia.

Misalnya, yang dibutuhkan sarjana ekonomi, tentu saja pelamar yang boleh mengikuti rangkaian ujian juga lulusan S-1 ekonomi.

    Imanuddin mengatakan, seleksi CPNS tetap dijalankan secara bersih, objektif, dan jujur. Dia menegaskan, pendaftaran CPNS baru tahun ini tidak dipungut biaya. Keputusan ini untuk mewujudkan upaya nyata reformasi birokrasi, khususnya di bidang SDM aparatur.  ’’Melalui cara-cara yang bersih ini, diharapkan bisa menumbuhkan kembali kepercayaan publik terhadap PNS,’’ kata dia.

    Pada 2013 ini, pemerintah melakukan rekrutmen CPNS melalui lima jalur. Yakni jalur pelamar umum, honorer kategori 2, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas.

    Untuk pelamar umum dan tenaga honorer kategori 2 (TH2), dilakukan seleksi melalui tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Pelaksanaan tes untuk TH2 dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK), sedangkan bagi pelamar umum dengan sistem kombinasi, LJK, dan computer assited test (CAT).

    Diketahui, untuk Lampung selain pemprov, ada enam pemerintah kabupaten/kota di Lampung yang mendapat lampu hijau menggelar seleksi penerimaan CPNS dari pelamar umum. Yakni Kota Metro, Mesuji, Pesisir Barat, Pesawaran, Tanggamus, dan Waykanan. Sisanya sebanyak 8 pemkot dan pemkab dilarang.     

    Namun, dari pantauan Radar Lampung, ketujuh pemerintah di daerah  ini belum satu pun yang mengumumkan formasinya secara terbuka. Baik pengumuman  berapa jabatan yang dibutuhkan, jumlah, dan penempatan hingga kualifikasi. (jpnn/p6/c2/ary)


Info Langganan