Kamis, 24 Juli 2014
     
Home Berita Utama Kuota Lampung Bertambah

Kuota Lampung Bertambah

2192
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
Rekrutmen CPNS
Hari ini kabar baru terkait penerimaan CPNS akan dilansir Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Termasuk mengenai kemungkinan penambahan kuota per daerah. ’’Undangannya sebenarnya ditujukan untuk sekretaris provinsi (Sekprov). Namun, lantaran Pak Sekprov ada agenda lain, jadi sore ini (kemarin) saya yang berangkat ke Jakarta,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Syarif Anwar  kemarin.

    Pada kesempatan itu, Syarif  mengklarifikasi terkait jumlah kuota CPNS yang diberikan untuk Lampung. Dari jumlah awal yang dikatakan sebanyak 784, ternyata total kuota CPNS sementara yang diberikan untuk Lampung adalah 864.

    Jumlah itu bertambah karena ternyata Kabupaten Tulangbawang dan Lampung Barat juga ikut mendapatkan kuota CPNS yang peruntukannya untuk tenaga guru. Untuk Tuba mendapat kuota sebanyak 30 CPNS. Sementara Lambar 50 CPNS.

    ’’Ketika pengumuman beberapa waktu lalu, pemda setempat ternyata belum mengambil pengumuman itu. Jadi jumlah penambahan ini baru kita ketahui,’’ ujarnya.

Diketahui, selain Kabupaten Tuba dan Lambar, kuota terlebih dahulu disebar untuk pemerintah provinsi dan enam kabupaten/kota di Lampung. Masing-masing Pemprov Lampung sebanyak 100 CPNS, Kota Metro (30) Mesuji (144), Pesawaran (35), Tanggamus (40), Waykanan (35), dan Pesisir Barat (400).

”Alokasinya kita berikan untuk guru, tenaga medis, dan teknis lainnya. Khusus untuk Pesisir Barat belum ada ketetapan peruntukan alokasi. Sebab, di sana masih dianggap kekurangan pegawai,” kata mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Gatot Hudi Utomo saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Dari jumlah yang ada, Pemprov Lampung dan Pemkab Mesuji memberi alokasi khusus untuk penyandang cacat serta pelatih olahraga dari atlet berprestasi.

Untuk pemprov mengalokasikan dua formasi untuk penyandang cacat dan satu pelatih olahraga dari atlet berprestasi. Sedangkan Pemkab Mesuji, untuk dua kriteria itu diberikan masing-masing satu kuota.

’’Pelatih yang mendapat alokasi khusus itu manakala pada SEA Games berhasil memberikan medali emas atau medali perunggu di tingkat lomba taraf Olimpiade,” ujarnya.

Uji Coba Sistem CAT

     Kemenpan RB siap menguji coba penerapan sistem computer assisted test (CAT).     Sistem ini digadang-gadang akan diterapkan dalam tes CPNS 2013 menggantikan model pengisian lembar jawaban komputer (LJK).

     Kepala Biro Hukum dan Humas Kemenpan RB M. Imanuddin mengatakan, uji coba ini bakal dilangsungkan dalam sebuah even bursa kerja (job fair) di Jakarta pada 30–31 Agustus 2013. Dia mengatakan, dalam simulasi CAT ini, pengunjung pameran akan dihadapkan dengan butir-butir soal contoh tes CPNS.    ’’Intinya, pengenalan model baru sistem CAT,’’ kata dia.

Imanuddin mengatakan, uji coba sistem CAT ini penting dilaksanakan. Banyak instansi pemerintah pusat yang berdomisili di Jakarta memilih menggunakannya sebagai tes masuk CPNS baru.

    Sedangkan instansi pemda, sistem CAT dipastikan belum menyeluruh. Tes CPNS di daerah kemungkinan hanya diselenggarakan di titik-titik yang terdapat Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

     Imanuddin mengatakan, sistem tes CPNS baru menggunakan teknologi CAT ini lebih terjamin objektivitasnya. Sebab, hasil tes bisa langsung diketahui ketika peserta selesai mengerjakan soal ujian. Dari hasil itu bisa diketahui apakah peserta yang bersangkutan lulus kompetensi dasar (KD) yang telah ditetapkan.

     Dia mengingatkan, meskipun peserta dinyatakan lulus kompetensi dasar, belum tentu dinyatakan lolos menjadi CPNS. Setiap kandidat yang dinyatakan lulus tes kompetensi dasar yang digelar melalui sistem CAT atau pengisian LJK harus mengikuti satu kali saringan lagi, yakni tes kompetensi bidang (TKB). Bentuk tes ini beraneka ragam, mulai dari wawancara hingga praktik bekerja langsung.

     Sebagaimana diketahui, tes CPNS melalui teknologi CAT akan diselenggarakan mulai 29 September–November 2013. Sedangkan untuk tes CPNS baru dengan sistem pengisian LJK dilaksanakan serentak pada 3 November 2013. Pengumuman formasi dan masa pendaftaran dilaksanakan mulai 1–28 September 2013. (sur/jpnn/p2/c2/ary)


Info Langganan