Cagub Lobi Petinggi PDIP

332
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Perebutan rekomendasi calon gubernur (cagub) dari PDI Perjuangan makin kompetitif. Terutama setelah petahana M. Ridho Ficardo resmi mendaftarkan diri sebagai cagub ke DPP PDIP sepekan yang lalu, tepatnya Senin (10/7).

Saat itu, Ridho tampil elegan berbaju merah tangan pendek dengan celana dasar hitam mengambil berkas cagub di DPP.

Kedatangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani ke Lampung, Sabtu (15/7) lalu, semakin membuka peluang bagi Ridho bisa meraih tiket 17 kursi milik PDIP di pilgub.

Puan adalah pentolan PDIP sekaligus putri dari ketua umum partai berlambang banteng itu, Megawati Soekarnoputri, yang tentu memiliki pengaruh dalam menentukan rekomendasi cagub.

Pertemuan keduanya dalam puncak acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) tersebut menimbulkan banyak wacana bahwa Ridho mengambil kesempatan untuk membicarakan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung 2018.

’’Tidak tahu Mbak Puan dan Ridho bicara apa. Mungkin saja secara informal bicarain pilkada. Bisa saja, tetapi kan agenda informal,” kata sekretaris tim penjaringan dan penyaringan cagub-cawagub PDIP Lampung Yanuar Irawan, Minggu (16/7).

Secara formal, kata anggota DPRD Lampung ini, semua cagub-cawagub harus tetap mengikuti tahapan dan mekanisme penjaringan. Di mana besok (18/7), Ridho dijadwalkan mengikuti tahapan yang tertinggal dari cagub lainnya.

’’Insya Allah nanti hari Selasa, Ridho dan Edy Irawan Arief (cawagub yang mendaftar ke DPP PDIP) kami panggil ke DPD untuk memaparkan visi-misi dan keseriusannya,” terang Yanuar.

Sementara, ajang lobi-lobi cagub untuk mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP juga akan terjadi pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDIP Lampung, Sabtu (29/7) mendatang.

Seluruh cagub-cawagub serta calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) Lampung Utara dan Tanggamus akan menjadi tamu undangan. Di mana, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto yang akan membuka rakerda.

’’Itu manusiawi, wajar saja kalau mereka melakukan lobi-lobi dengan jajaran DPP yang akan hadir nanti,” ketua tim penjaringan dan penyaringan cagub-cawagub PDIP Lampung, Watoni Nurdin.

Watoni memastikan bahwa ada tiga orang yang mendaftar melalui pintu DPP PDIP. Selain Ridho mendaftar sebagai cagub, Edy Irawan Arief mendaftar cawagub pada Rabu (12/7).

Kemudian, Dian Assyafri Nasa’i yang mendaftar sebagai cawabup Tanggamus, Jumat (14/7). ”Tiga nama itu data yang sudah dikirim dari DPP kepada kami,” ujar Watoni.

Sementara, tim penjaringan dan penyaringan akan memanggil Ridho, Edy, dan Dian untuk mengecek kelengkapan berkas pendaftaran dan pendalaman visi misi. Sekaligus menanyakan alasan mereka langsung mendaftar ke DPP PDIP.

Sesuai dengan jadwal dari DPP PDIP, waktu untuk mereka melengkapi persyaratan pendaftaran sampai Senin (31/7). Berdasarkan informasi dari DPP PDIP, kata dia, perbaikan berkas milik Ridho sudah lengkap.

Watoni melanjutkan, tim akan menerapkan prinsip keadilan terhadap cagub-cawagub lainnya yang sudah menjalankan tahapan penjaringan dan penyaringan lebih dahulu. Khususnya dalam hal bergotong-royong membayar biaya survei.

Terkait survei, DPD PDIP Lampung dan Indopolling Network sebagai lembaga survei resmi yang ditunjuk partai banteng sudah menandatangani perjanjian kerjasama, kemarin.

Direktur Komunikasi Indopolling Network, Wempy Hadir, mengatakan, akan memulai survei setelah PDIP menyelesaikan mekanisme pembayaran tahap pertama.

Wempy mengatakan, Indopolling akan menerjunkan 880 surveyor untuk memeringkat popularitas dan elektabilitas cagub-cawagub Lampung. Serta masing-masing 440 surveyor untuk cabup-cawabup Lampung Utara dan Tanggamus.

Diketahui, cagub yang telah menjalani tahapan penjaringan adalah Herman HN, M. Alzier Dianis Thabranie, Mustafa, Arinal Djunaidi, Mukhlis Basri, Ananda Tohpati, Sukaryadi, dan Marsat Jaya. Sedangkan cawagubnya yaitu Dedy Afrizal, Tulus Purnomo, I Komang Koheri, dan Frans Agung Mula Putra.

Sedangkan dua nama baru melakukan pendaftaran ke Sekretariat DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta. Yakni Gubernur Lampung M Ridho Ficardo yang mendaftar cagub pada Senin (10/7). Serta akademisi Edy Irawan Arief mendaftar cawagub, Rabu (12/7). (dna/c1/wdi)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here