Duh Raden Intan II, Kenapa Pemuda Sepertimu Dilukis Mirip Pria Tua?

Patung Raden Inten II yang terinspirasi dari lukisan wajah (foto kanan).
Pahlawan nasional asal Lampung Raden Intan II lahir tahun 1834 dan wafat 1856. Itu artinya, Raden Intan II wafat di umur 22 tahun. Karenanya, ada yang menilai lukisan wajah Raden Intan II saat ini janggal. Sebab tak menggambarkan wajah seorang pemuda. Lebih mirip pria paro baya di rentang usia 35-45 tahun.

- Advertisement -

===
Laporan Yuda Pranata,
BANDARLAMPUNG
===


PENELUSURAN
keaslian wajah Raden Intan II dimulai dari Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan. Di desa inilah, Budiman Yakub Gelar Raden Kesumayuda berdomisili. Dia adalah juru bicara kerabat Raden Intan II.

Budiman adalah pensiunan pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Lamsel. Dia merupakan keturunan dari Raden Bangsakesuma Ratu, paman Raden Intan II.

Dari versi keluarga, Raden Intan II lahir pada 1834. Dia memiliki hubungan kerabat dengan Fatahillah, ayah Sultan Hasanudin, sultan pertama Kesultanan Demak. Fatahillah menikah dengan Putri Sinaralam Gelar Ratu Pugung Lampung dari Keratuan Pugung di Lampung Timur (Lamtim).

Mereka memiliki anak bernama Ratu Darahputih yang kemudian menikah dengan Putri Kesultanan Aceh bernama TunPanatih. Selanjutnya, menurunkan Ratu Bantin Ratu Gelar Dalom Kesuma Ratu I.

Lalu Dalom Kesuma Ratu I menurunkan Dalom Kesuma Ratu II dan selanjutnya menurunkan Raden Imba I Gelar Kesumaratu III serta menurunkan Raden Intan I Gelar Dalom Kesumaratu IV. Raden Intan I memiliki dua anak. Yakni Raden Imba II Gelar Kesumaratu yang menikah dengan Ratu Mas. Serta Raden Bangsakesuma Ratu yang menikah dengan Ratu Indah.

- Advertisement -
loading...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY