Gagalkan Penyelundupan 4 Ton Daging Celeng

115
Ilustrasi. (Ist)

radarlampung.co.id – Empat ton daging celeng disita petugas Balai Karantina Pertanian (BKP) Wilayah Kerja (Wilker) Bakauheni sekitar pukul 10.00 WIB Minggu (12/11). Rencananya, daging asal Palembang, Sumatera Selatan, yang dimuat dalam 47 karung itu akan dibawa ke Solo, Jawa Tengah.

Pengiriman daging babi hutan tanpa kelengkapan dokumen ini terungkap ketika sopir mobil boks B 9435 KQB Nendar Saputra (35) hendak melapor ke kantor BKP. Tujuannya mengurus kelengkapan dokumen daging itu.

Lantaran curiga, petugas memeriksa kendaraan yang dibawa warga Solo tersebut. Di dalam mobil boks ditemukan tumpukan karung besar berisi daging celeng.

Kepala BKP Wilker I Bakauheni drh. Azhar mengatakan, Nendar mengaku tidak mengetahui larangan pengiriman daging celeng antarpulau. Ia hanya mengikuti saran dari rekan-rekannya yang sering mengirimkan daging sejenis ke pulau Jawa.

”Katanya dia sering melihat teman-temannya lolos (mengirimkan daging). Jadi dia ikut tergiur. Apalagi upahnya lumayan besar, mencapai jutaan,” kata Azhar, Senin (13/11).

Dilanjutkan, Nendar beralasan memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari Dinas Kesehatan Hewan di Palembang. Namun setelah diperiksa, surat yang dibawa itu tidak sah.

”Isi suratnya juga banyak kejanggalan. Selain itu, alat angkut yang dipakai untuk memuat daging tidak memenuhi standar pengiriman. Sebab tidak dilengkapi alat pendingin,” urainya.

Kuat dugaan, lanjut Azhar, surat yang dibawa tersebut disalahgunakan oleh Nendar. Karena itu, ribuan kilogram daging diamankan. ”Kami juga akan memeriksa Nendar lebih lanjut. Ini untuk mengetahui nama pemilik dan asal daging celeng itu,” tegasnya.

Selain melalui Pelabuhan Bakauheni, penyelundupan daging celeng juga menggunakan jalur tol laut. Setidaknya sudah dua kali pengiriman digagalkan oleh Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang.

Masing-masing dua ton pada Juni dan Mei silam. Modus pengiriman sama. Daging disembunyikan di bawah bak yangsudah dimodifikasi. (rnd/rnn/c1/ais)

Sponsored Content
loading...

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here