Gas Melon pun Langka

Bersamaan Molornya Uji Coba Jargas
78
Ilustrasi. (Ist)

radarlampung.co.id – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) belum juga bisa memastikan kapan manfaat jaringan gas (jargas) rumah tangga mulai dinikmati masyarakat Bandarlampung. Di waktu bersamaan, elpiji 3 kilogram kini semakin langka. Hasil penelusuran Radar Lampung, sejumlah warga mengaku sulit mendapatkan gas melon –sebutan lain elpiji 3 kg.

Seperti yang diakui warga Gg. Sumur Pucung, Enggal, Bandarlampung. Aminah (47), warga setempat, mengaku sepekan terakhir selalu kehabisan saat hendak membeli gas melon. ’’Nggak tahu ini kenapa, susah. Kalaupun ada di warung langsung habis,” tuturnya.

Senada, warga sekitar Pasar Tamin, Kelapa Tiga, Tanjungkarang Pusat mengaku gas melon tak hanya langka, namun harganya pun naik. Bahkan kelangkaan sudah dirasakan warga sejak satu bulan belakangan. Seperti yang diutarakan Puspa Ratih (28) yang sehari hari berjualan gorengan di tepi jalan.

’’Selain susah, harganya naik sampai Rp2 ribu per tabungnya. Cari di agen saja susah. Jadi kalau ada rebutan,” beber dia.

Kelangkaan juga terjadi di Palapa 10, Gunung Terang, Langkapura. Salah satu agen, Syamsul membenarkan bahwasanya stok elpiji 3 KG sangat cepat habis sesaat setelah ada pengiriman. ’’Saya kan berkeliling untuk mengantar elpiji 3 KG ke warung. Dulu kalau keliling ada sisa. Tapi sekarang tidak, selalu habis,” ujar Syamsul. Sayang, ditanya penyebab kelangkaan, dirinya pun mengaku tidak mengetahuinya.

Terpisah, Area Sales Manajer PT PGN Lampung Wendi Purwanto memastikan progres penyambungan jargas terus dikebut. Hingga saat ini, progres sambungan telah mencapai 10.023 rumah dari 10.321 rumah. Menurut dia, hingga saat ini proses pemasangan sambungan pipa menemui kendala banyaknya sambungan pipa atau kabel bawah tanah. ’’Sekarang sudah ada yang memasuki tahap netralisasi sambungan,” ujar Wendi.

Dia mengatakan, gas nantinya akan didistribusikan secara parsial. Tidak bisa bersamaan. Untuk itu, pihaknya berusaha mempercepat proses penyambungan.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here