Giliran Kemenag Rekrut CPNS

Pemda Butuh Pegawai Baru
3901
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) menyusul Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Mahkamah Agung untuk merekrut CPNS baru. Kali ini, kuota CPNS baru Kemenag tersedia untuk formasi dosen.

Kuota CPNS baru yang disiapkan Kemenag mencapai 1.000 kursi. Kuota itu nantinya disebar ke 71 perguruan tinggi di bawah Kemenag. Ada sebelas kampus yang mendapatkan alokasi CPNS baru masing-masing 20 orang. Kampus lainnya mendapatkan kuota 15 orang dan paling sedikit 10 orang.

Sebelas kampus yang mendapatkan kuota 20 CPNS baru di antaranya UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIN Walisongo Semarang, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sementara UIN Raden Intan Lampung, IAIN Jember, IAIN Ponorogo, dan IAIN Tulungagung mendapatkan 15 kursi CPNS baru.

Masing-masing kampus diminta segera menetapkan formasi CPNS berdasarkan kuota yang ditetapkan. Batas waktunya hingga kemarin (13/7). Berikutnya, Kemenag bakal melayangkan permohonan pengesahan formasi dan kuota itu ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Menurut Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh. Mukri, UIN telah memperoleh konfirmasi dari Kemenag pusat mengenai pembagian kuota CPNS. ’’Iya, kami sudah dapat kabarnya dari pusat itu. Untuk UIN Raden Intan Lampung dapat kuota CPNS 15 orang tahun anggaran 2017,” katanya saat dihubungi semalam.

Kendati begitu, Mukri belum mendapatkan informasi kapan pelaksanaan CPNS Kemenag. ’’Kami belum tahu karena untuk formasi dan pelaksanaannya mengikuti aturan dari pusat. Tetapi kalau untuk kuota memang sudah ditentukan segitu,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Biro Informasi dan Humas Kemenag Mastuki mengatakan, tahap yang berlangsung saat ini masih menentukan formasi. Urusan kapan dibuka pendaftaran, jika sudah mendapatkan persetujuan dari Kemenpan-RB.

Nantinya Kemenag membentuk tim panitia seleksi sendiri. Tim seleksi itu bekerja secara akuntabel. Masyarakat diminta tidak percaya terhadap informasi-informasi yang bisa meloloskan menjadi CPNS baru.

Beberapa tahun terakhir, lanjutnya, sejumlah PTN di bawah Kemenag merekrut pegawai tetap non-PNS sendiri. Sebab beberapa kampus yang berubah dari STAIN ke IAIN atau dari IAIN ke UIN membutuhkan tambahan dosen baru. Sementara pemerintah masih memberlakukan kebijakan moratorium CPNS baru.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan-RB Herman Suryatman mengatakan, masyarakat harus bersabar sampai keluar informasi resmi. Supaya tidak termakan kejahatan penipuan bermodus rekrutmen CPNS baru. ’’Saat ini rekrutmen CPNS baru yang sudah resmi adalah di Mahkamah Agung serta Kementerian Hukum dan HAM. Rencananya pendaftaran di keduanya dibuka 1-31 Agustus depan,” katanya.

Terpisah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung memastikan belum ada informasi mengenai rekrutmen CPNS daerah (CPNSD) untuk lingkup pemerintah daerah (pemda) di Lampung.

Meski demikian, pemprov tetap menganggarkan pelaksanaan rekrutmen CPNSD tahun ini. Kabid Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung Rendi Reswandi mengatakan, hal itu digunakan untuk melakukan antisipasi jika pemerintah pusat membuka keran formasi untuk pemprov.

’’Tetap kami anggarkan. Tapi anggarannya saya lupa berapa. Persoalan kalau nantinya memang tidak ada, kan bisa masuk Silpa,” katanya kemarin.

Rendi menjelaskan, saat ini pemprov membutuhkan tenaga teknis. Di antaranya pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan tenaga penyuluh.

Seperti tenaga pendidik, untuk mendukung peningkatan pendidikan.  Terutama di daerah terpencil seperti Kabupaten Mesuji. Hal ini seiring dengan kewenangan SMA dan SMK negeri yang menjadi tanggung jawab pemprov.

Menurut Rendi, kebutuhan pegawai Pemprov Lampung sekitar 1.500 orang.

Sementara itu, berdasarkan data BKD Lampung. sebanyak 1.148 PNS di lingkungan pemprov pada tahun ini memasuki batas usia pensiun (BUP).

Jumlah itu terdiri dari berbagai pangkat dan golongan. Namun demikian, dia tidak merinci dari golongan dan jabatan mana saja yang akan pensiun.  Untuk  usia 56-58 tahun berjumlah 1.094. Sementara dari 59-60 tahun sebanyak 54.

Kebutuhan PNS baru juga muncul dari daerah lain. Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengaku butuh tambahan 2.359 PNS baru. Tambahan ini untuk formasi guru, tenaga teknis dan paramedis. Kepala Subbidang Pengadaan Pegawai Prayitno mewakili Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Tanggamus Nur Indrati menyatakan, jumlah itu diperoleh dari hasil analisis pegawai dan kesesuaian kinerja pegawai di masing-masing satker. ’’Dari jumlah itu paling banyak dibutuhkan tenaga pendidik, yang kurang 1.255 PNS,” katanya.

Sedangkan Pemkab Lampung Tengah juga membutuhkan 2.275 PNS baru. Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) Lamteng Candra Puasati mengatakan bahwa Lamteng masih banyak kekurangan PNS. ’’Kekurangan PNS kita cukup banyak. Ada yang pensiun, pindah tugas, dan meninggal dunia. Secara keseluruhan, kita kekurangan 2.275 PNS. Rinciannya, guru 1.048, tenaga medis 338, dan tenaga teknis 889,” katanya.

Pemkab Lampung Timur (Lamtim) juga mengusulkan tambahan 1.500 PNS. Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKP2D) M. Noor Alsyarif.

Menurutnya, total aparatur sipil negara (ASN) Lamtim saat ini 9.070 orang. Itu termasuk 3 dokter dan 221 bidan berstatus pegawai tidak tetap (PTT) serta 6 tenaga penyuluh pertanian yang telah diangkat sebagai CPNS. Namun, lanjutnya, berdasarkan hasil analisis jabatan yang telah dilakukan, Lamtim masih membutuhkan tambahan 1.500 pegawai.

Begitu juga sejumlah pemda lainnya membutuhkan PNS baru. Seperti Pemkab Lampung Barat butuh 1.541 PNS, Pemkab Mesuji 737, Pemkab Tulangbawang 1863, Pemkab Tulangbawang Barat 962, Pringsewu 1.202, Pemkab Pesawaran 1.200, dan Pemkot Metro 489 PNS baru. (jpg/tim/c1/wdi)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here