Lampung Harus Siap Hadapi Siklon Baru

5 Daerah Berpotensi Cuaca Buruk
228
CUACA EKSTREM: Ombak besar masih terlihat di Desa Rangaitritunggal, Lampung Selatan, dan jembatan Pulau Pasaran, Bandarlampung. FOTO ALAM ISLAM

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung memperingatkan warga untuk tetap mewaspadai cuaca buruk.  Setidaknya, ada lima daerah yang berpotensi mengalami cuaca buruk.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Hariyanto mengatakan, lima daerah itu berpotensi terjadi hujan lebat dan angin kencang. Kelimanya yakni Lampung Selatan, Pesawaran, Pesisir Barat, Lampung Utara, dan Lampung Barat. ’’Kalau dari data satelitnya, perkiraan hujan itu dari siang sampai malam,” ujarnya.

Karena itu, dia berharap langkah antisipasi dilakukan. Terutama bagi daerah yang berpotensi cuaca buruk. ’’Ya, antisipasi dilakukan. Terutama drainase dan pengetahuan terhadap bencana,” katanya semalam.

Pengaruh siklon tropis Dahlia, lanjut Rudi, juga belum sepenuhnya hilang. Angin kencang dan gelombang masih bisa terjadi satu-dua hari ke depan. ’’Pantauan, tingginya dari 2,5 meter sampai 4 meter,” sebutnya.

Ahli cuaca dan iklim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Armi Susandi menilai Provinsi Lampung harus mewaspadai munculnya siklon badai baru. Menurutnya, kejadian serupa sangat mungkin terulang dalam waktu dekat. Paling cepat dalam 2-3 bulan, siklon tropis baru akan muncul dan menimbulkan dampak yang juga luar biasa. Bahkan bisa lebih buruk.

’’Dari beberapa data, terlihat intensitasnya semakin tinggi dan lokasinya kian mendekati wilayah Indonesia. Masih terbilang kecil. Tetapi kemungkinan membesar,” ungkap dosen lulusan Universitas Hamburg itu.

Armi menjelaskan, dengan ukuran siklon yang masih terbilang kecil tersebut, pengulangan kejadiannya bisa dalam kurun waktu setahun. Itu pun bisa terjadi beberapa kali dalam setahun. Umumnya, siklon tumbuh lagi di tempat yang hampir sama. Dan ukurannya semakin lama kian besar.

Karena sifat siklon yang seperti itu, Armi menuturkan, wilayah Jogjakarta-Jawa Tengah, Jawa Barat-Jawa Timur, serta Lampung-Bengkulu harus bersiap menyambut siklon tropis lain yang akan datang.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here