Mereka Juga Pahlawan

34

DULU, sebutan pahlawan lebih melekat untuk orang-orang yang berjuang menjadikan bangsa ini merdeka dari penjajah. Seiring berjalannya waktu, mereka yang disebut pahlawan memiliki makna lebih luas.

Pelaku dari sejumlah profesi bisa menjadi pahlawan pada bidang masing-masing. Polisi lalu lintas misalnya. Mereka yang berjasa membuat lalu lintas lebih lancar.

Tengok saja tugas personel pemadam kebakaran. Pantang pulang sebelum padam. Sesuai motto, mereka berjibaku memadamkan dan memastikan tidak ada lagi api yang menyala di lokasi kebakaran.

Di jalanan, masih ada petugas kebersihan. Mereka bertanggung jawab menghilangkan sampah yang tercecer.  Tak kenal waktu. Terpenting, jalanan mulus tanpa sampah.

Belum cukup. Masih ada petugas penilik jalan (PPJ). Tugasnya memeriksa jalur rel kereta api. Memastikan rangkaian gerbong aman saat melintas.

Mereka hanya beberapa dari orang-orang yang bisa disebut pahlawan. Berjasa untuk memberikan pelayanan sesuai tugas yang diberikan. Walau terkadang kerap terlupakan. Tak ada yang mencari usai tugas dijalani. Tapi, mereka juga pahlawan. (*)

Foto dan Naskah: Alam Islam

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here