Selasa, 30 September 2014
     
Home Metro Bisnis Viar Tetap Pemain Utama Roda 3

Viar Tetap Pemain Utama Roda 3

1103
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
BANDARLAMPUNG – Bisnis otomotif di Indonesia tumbuh subur. Kondisi ini membuat perusahaan otomotif semakin dinamis, kreatif, dan inovatif dalam memasarkan produk transportasi modern yang efektif juga terjangkau. Khususnya kendaraan transportasi skala kecil.

Menilik kondisi tersebut, PT Triangle Motorindo –prinsipal (pabrik) Viar motor Indonesia– menawarkan solusi kendaraan roda 3 untuk pelaku bisnis menengah ke bawah atau usaha kecil menengah (UKM).

’’Bisnis otomotif semakin tumbuh pesat. Sebab, pelaku bisnis yang sedang berkembang mencapai 52 juta sehingga membuka peluang baru bagi penyedia kendaraan alternatif yaitu kendaraan roda 3. Ditambah perusahaan otomotif masih sedikit yang menggarap roda tiga,’’ terang General Manager Marketing PT Triangle Motorindo Ir. Akhmad Zafitra Dalie di Sheraton Hotel Lampung kemarin (18/2).

Selain itu, berdasarkan data lima tahun terakhir (2008-2012), perkembangan kendaraan bermotor roda 3 menunjukkan grafik luar biasa dengan kenaikan per tahunnya dari 200% (2009) dan 100% (2010), 50% (2011) dan 40% (2012).

’’Karena itu, kami terus melakukan perbaikan dan pengembangan produk tersebut, dengan penambahan line produksi, penambahan jenis dan peningkatan kualitas produk serta kualitas pelayanan konsumen. Diharapkan tahun 2013 Viar tetap pemain utama roda tiga. Dan Viar Roda 3 Karya dapat menyumbangkan minimal 60% atau 23.400 unit dari total target penjualan Viar Karya 2013 sebesar 39.000 unit,’’ papar Dalie.

Jadi, kata dia, motor niaga Viar Karya-Roda 3 (Three Wheeler) adalah kendaraan motor komersial roda 3 yang dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan transportasi angkutan barang murah, irit, daya angkut banyak. Serta mudah di modifikasi untuk berbagai kebutuhan, khususnya para pelaku bisnis skala menengah ke bawah yang membutuhkan alat transportasi atau distribusi dengan skala kecil dan jangkauan jarak yang pendek, fleksibel serta terjangkau.

’’Pelaku bisnis akan banyak benefit ketika menggunakan karya roda 3. Sebab, kendaraan tersebut sebagai transportasi angkutan barang murah, irit, daya angkut banyak, dan mudah dimodifikasi sesuai bisnis yang ditekuninya,’’ timpalnya.

Sebagai motor niaga Indonesia yang diproduksi oleh PT Triangle Motorindo, masyarakat sudah mengenal pabrik tersebut karenat lebih dari 13 tahun di Indonesia. Selama ini PT Triangle Motorindo dikenal sebagai pabrikan roda 2 dan 3 (motor niaga). Di mana, mulai awal 2008 hingga kini varian karya sudah menjadi leading market secara nasional seluruh merek roda 3 di atas 60 %.

’’Untuk market share di Lampung sekitar 4,5% dari Sales Motor Niaga Viar secara Nasional. Dimana Share untuk Bandarlampung sebesar 39%, Pringsewu sebesar 55% dan kota lainnya sebesar 6 %,’’ sebutnya.

Didukung pabrik terbaru Viar yang terletak di Bukit Semarang Baru (BSB) –Semarang, Jawa Tengah– dengan kapasitas produksi bisa mencapai 40.000–75.000 per bulan, maka, Viar mematok target penjualan mencapai 60.000 unit all varian. Dan khusus untuk Motor Niaga Karya 39.000 unit.

’’Tipe sepeda motor yang menjadi penyumbang terbesar terhadap penjualan Viar pada 2012 adalah tipe Motor Niaga Karya sebesar 57,3%, dan tipe bebek 31,9%. Tipe-tipe lainnya menyumbang share sekitar 10,8%,’’ bebernya.

Untuk mencapai target tersebut, Viar telah menyiapkan strategi-strategi. Diantaranya meningkatkan pemahaman dan memberikan edukasi kepada para pebisnis retail khususnya bisnis UKM-UMKM/Retail bahkan sampai ke Usaha Mikro akan pentingnya alat transportasi yang ekonomis, efektif dan efisien.

’’Kita akan kerja sama dengan Kadin atau Dinas Perdagangan setempat untuk menggelar gathering,’’ tambahnya. (hyt/p2/c3/wan)