Jum'at, 18 April 2014
     
Home Metro Bisnis Lokasi Strategis, Fasilitas Lengkap

Lokasi Strategis, Fasilitas Lengkap

1557
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
Wamenparekraf Resmikan Balai Krakatau
BANDARLAMPUNG – Balai Krakatau Yayasan Mahya Abdi Bangsa (Yamaba) di Jl. Imam Bonjol, Kemiling, Bandarlampung, diresmikan kemarin. Gedung pertemuan yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare itu diresmikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar.

’’Kota-kota besar di Indonesia termasuk Lampung masih sedikit yang memiliki gedung convention. Dengan diresmikannya Balai Krakatau ini diharapkan menjadi pusat convention center sekaligus menjadi tempat meeting intensive di Lampung,’’ urai Sapta Nirwandar.

Ia bangga atas dibangunnya balai pertemuan ini. Apalagi dibangun dengan biaya sendiri. Balai pertemuan berkapasitas hingga ribuan orang ini, tidak hanya dimanfaatkan untuk acara-acara resepsi pernikahan semata. Tetapi bisa digunakan untuk semua kegiatan. Seperti pameran, konferensi dokter, konferensi ahli iklim dan lain-lain.

’’Tempat ini sangat memadai dan serbaguna. Fasilitasnya lengkap, tempatnya luas, dan strategis karena dekat dengan pinggiran kota Bandarlampung,’’ imbuhnya.

Menurutnya, Balai Krakatau merupakan salah satu bukti kepedulian masyarakat yang diekspresikan dalam bentuk bangunan. Dengan demikian, kata dia, tidak hanya masyarakat Lampung yang dapat menikmati fasilitas tersebut. Melainkan seluruh masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.

’’Lampung memiliki potensi yang sangat bagus. Tidak ada ceritanya tidak bisa maju. Apalagi mudah dijangkau menggunakan transportasi apa saja termasuk udara yang sekarang makin banyak,’’ tandasnya.

Dengan demikian, lanjutnya, Lampung sebagai tempat regional conference akan semakin dimungkinkan. ’’Apalagi Lampung kaya makanan, seperti ikan, daging, ayam dan semua kuliner ada di sini,’’ bilangnya.

Tak hanya itu, dengan hadirnya balai pertemuan terbesar dan termegah di Lampung ini, berdampak pada perekonomian di Lampung.

’’Dengan adanya gedung tersebut, mampu menyerap tenaga kerja hingga puluhan bahkan ratusan. Mulai tukang kebun, parkir, catering dan lain-lain,’’ timpalnya.

Untuk itu, dia meminta Pemprov Lampung dan Pemkot Bandarlampung men-support dalam bentuk insentive fiscal. ’’Kami minta jangan dibebankan pajak terlebih dahulu lima tahun ke depan sampai besar dan mampu berkembang,’’ pintanya.

Ketua Yamaba Dr. Hi. Eddy Irawan Arief, S.E., M.Ec. mengatakan, kompleks Balai Krakatau terdiri atas beberapa bagian. Di antaranya gedung pertemuan seluas 2.100 meter persegi, Perguruan Tinggi Krakatau berlantai III seluas 3.200 meter, Guest House 10 kamar, dan Masjid Al Amin seluas 100 meter.

’’Ke depan, kita juga berencana membangun Bank Krakatau. Sehingga transaksi bisa dilakukan di tempat ini juga,’’ pungkas Eddy.(nur/p3/c3/wan)