- Advertisement -

FOTO-FOTO IST FOR RADAR LAMPUNG

KAMPUNG wisata budaya Bali Sadhar merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Waykanan. Perkampungan yang berada di Kecamatan Banjit ini terdiri dari Kampung Bali Sadhar Utara, Bali Sadhar Tengah, dan Bali Sadhar Selatan.

Tiga kampung tersebut menjadi miniatur Provinsi Bali. Di mana seluruh adat budaya Bali ada di daerah tersebut. Mulai budaya tradisional hingga ornamen khasnya. Ada banyak pura di tepi jalan kampung yang asri nan bersih tersebut.

Sehingga mengunjungi Kampung Bali Sadhar akan membuat kita seolah-olah berada di Pulau Dewata. Di mana keindahan seni, budaya, dan arsitekturnya sangat khas. Berbagai perayaan adat masih dilaksanakan masyarakat setempat seperti odalan, ogoh-ogoh, dan ngaben.

Tidak heran, jika kampung tersebut tidak pernah sepi kunjungan. Agar lebih memahami makna dan filosofi seni serta budaya Bali, setiap pengunjung juga dipandu oleh kelompok sadar wisata.

Uniknya, komunitas Bali di Waykanan sangatlah kondusif dan berintegrasi dengan komunitas etnik lainnya. Itu dapat terlihat dengan terciptanya seni musik kolaborasi Lampung-Bali yang lahir dari kampung wisata budaya Bali Sadhar. (sah/c1/nui)

- Advertisement -
loading...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY