Misi Makin Mustahil, Dovi!

Terjatuh, Marquez Tetap Pole
35

radarlampung.co.id – Apa yang menimpa Marc Marquez sepanjang akhir pekan ini di Valencia, membuat penggila MotoGP geleng-geleng kepala. Dua kali bintang Repsol Honda itu terjatuh. Namun tetap saja, dia mampu meraih pole position untuk balapan di Sirkuit Ricardo Tormo hari ini (live Trans 7 pukul 20.00 WIB).

Marquez terjatuh pada akhir sesi latihan bebas kedua (FP2) Jumat. Sang juara bertahan MotoGP, kehilangan cengkeraman ban depan di Tikungan 2. Akibatnya, motornya terseret keluar lintasan. Kondisinya baik-baik saja dan dengan cepat bisa berdiri kembali. Motornya pun tidak mengalami kerusakan parah. Itu adalah kecelakaan ke-26 Marquez sepanjang 2017.

Insiden berikutnya terjadi pada sesi kualifikasi kedua (Q2) tadi malam. Setelah kembali dari garasi di paro kedua sesi, pembalap 24 tahun itu melakukan lap ketiganya di Q2. Namun saat meluncur memasuki Tikungan 4, roda depannya kehilangan cengkeraman. Marquez tampak frustasi dengan kecelakaan ke-27 yang menimpanya itu.  Sempat terlihat, juara dunia tiga kali MotoGP itu seperti akan menendang ban depan motornya saat kembali berdiri dan menuju garasi.

”Saya marah ketika masuk pit dan saya berbicara dengan Santi (Hernandez), mekanik saya. Saya katakan kepadanya, saya tidak nyaman dengan sisi kanan ban depan saat di Tikungan 4. Tapi saya tetap mencobanya dan terjatuh,” katanya usai sesi kualifikasi.

Pada Lap 2, rider berjuluk Baby Alien itu mampu menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 29,897 detik. Dialah rider pertama dan satu-satunya yang mampu mendobrak tembok 1 menit 30 detik pada sesi kualifikasi MotoGP Valencia 2017.

Posisi start terdepan sangat penting bagi Marquez. Dia bisa mengontrol balapan dengan posisi itu. ”Saya hanya butuh menjaga mentalitas yang sama (dengan balapan sebelumnya) dan menjaga konsentrasi,” tambah Marquez,

Dari kubu rival, pembalap Ducati Andrea Dovizioso gagal menemukan performa terbaiknya di sesi kualifikasi. Dia hanya bisa finis di posisi sembilan dan akan start dari baris ketiga hari ini. Catatan waktu terbaiknya lebih lambat 1,064 detik dari pemegang pole.

Misi Dovi bakal super berat hari ini. Dengan posisi start yang kurang ideal, rider Italia itu harus bertarung habis-habisan untuk memenangi balapan. Karena tanpa kemenangan di Valencia, gelar juara dunia sudah pasti menjadi jatah Marquez.

Situasinya lebih buruk karena rekan satu timnya Jorge Lorenzo juga gagal mendapatkan posisi start di baris depan. Upaya Lorenzo untuk berburu pole terganjal akibat kecelakaan yang terjadi Lap 2. Di Tikungan 12 yang sangat cepat itu, Lorenzo kehilangan kendali motornya. Tubuhnya terseret puluhan meter di gravel sebelum berhenti. Baju balapnya koyak di beberapa tempat.

Lorenzo bisa kembali ke garasi untuk mengganti motor. Namun waktunya tak cukup untuk mengejar waktu para rider di baris terdepan. Padahal dia punya tugas untuk membantu Dovi menang di Valencia.

Akhirnya, baris terdepan start akan diisi Marquez, Johann Zarco (Tech 3-Yamaha), dan Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) Bagi Iannone, ini adalah start di baris depan pertamanya sejak MotoGP Qatar. Menurutnya, hasil ini adalah sinyal bagus untuk memulai musim depan.

Marquez sendiri hanya butuh untuk finis di posisi 11  besar untuk mengunci gelar juara 2017. Kalaupun dia akhirnya terjatuh dan tidak finis, kegagalan Dovi meraih kemenangan sudah cukup untuk mendatangkan gelar juara dunia keempatnya. (jpg/ewi)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here