NasDem dan Hanura Bisa Barter Rekomendasi

291
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Perebutan rekomendasi calon gubernur (cagub) dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) kian menarik. Ini tidak terlepas dari jabatan Ketua DPD Partai Hanura Lampung Sri Widodo sebagai wakil bupati Lampung Utara (Lampura).

Pasalnya, Widodo juga kembali mencalonkan diri sebagai wakil bupati Lampura untuk periode kedua. Sementara, Ketua DPW Partai NasDem Lampung Mustafa juga mendaftar ke Hanura sebagai cagub. Dengan kedua ketua partai politik ini maju pilkada, maka dimungkinkan terjadinya barter rekomendasi.

Artinya, NasDem akan memberikan rekomendasi kepada Widodo dalam ajang Pemilihan Bupati Lampura. Apalagi, Widodo saat ini memang sudah berpasangan dengan Ketua DPD Partai NasDem Lampura Agung Ilmu Mangkunegara. Sebagai imbal balik, Hanura juga akan memberikan rekomendasinya kepada Mustafa.

Menanggapi ini, Widodo tidak mau berkomentar banyak. ’’Itu kan analisis saja,” kata Widodo kepada Radar Lampung di kantor DPD Partai Hanura Lampung belum lama ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPD Partai Hanura Lampung Ferry Susanto Arsyad mengatakan, saat ini partainya masih membuka penjaringan terhadap cagub-cawagub Lampung serta cabup-cawabup Lampung Utara dan Tanggamus. ’’Jadi belum ada rekomendasi untuk siapa pun karena tahapan sedang berjalan,” kata Ferry kepada koran ini kemarin.

Lagi pula, kata dia, koalisi NasDem dan Hanura di Lampura juga belum cukup untuk mengusung Agung-Widodo. Dia menyebut, dua parpol ini masing-masing memiliki tiga kursi di DPRD Lampura. Sedangkan persyaratan untuk mengusung pasangan calon di Lampura minimal tujuh kursi.

’’Jadi masih kurang satu kursi lagi kan. Tunggu saja nanti. Belum tentu Pak Widodo maju pilkada, bisa jadi dia maju anggota DPR RI. Namanya politik kan ya,” ucapnya.

Sementara, Partai NasDem sudah memastikan mengusung Agung Ilmu Mangkunegara dalam Pemilihan Bupati Lampura 2018. Hal ini tidak terlepas dari jabatan cabup incumbent ini sebagai ketua DPD Partai NasDem Lampura.

Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPW Partai NasDem Lampung Edwin Hanibal mengatakan, di Lampura partainya tidak membuka penjaringan cabup. NasDem hanya membuka penjaringan cabup di Tanggamus. Partai ini pun sudah menyusun jadwal penjaringan cabup Tanggamus.

’’Kalau Lampura tidak buka penjaringan. Cabupnya Kakak Agung, untuk wakilnya belum ditentukan. Tetapi, kita buka penjaringan di Tanggamus, sudah ada jadwal kegiatannya,” kata Edwin kepada Radar Lampung.

Dia memaparkan, sosialisasi pembukaan penjaringan pada 5-11 Juli 2017, pengambilan formulir (12-18 Juli), penyerahan berkas calon (26-29 Juli), dan verifikasi berkas calon (30-31 Juli). ’’Baru setelah itu, pleno DPD untuk penentuan usulan ke DPP. (dna/c1/fik)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here