Palsu Akun FB Gubernur, Terancam 12 Tahun Penjara

395
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Berkas Turmuzi Harun (18), pemilik akun Facebook palsu Gubernur NTB HM Zainul Majdi segera dilimpahkan polisi ke kejaksaan. Polisi beranggapan bahwa tindak pidana yang dilakukan Turmuzi sudah memenuhi unsur pidana yang disangkakan.

“Tindakan pidana yang dilakukan pelaku sudah memenuhi unsur sehingga berkasnya segera kita limpahkan,” kata Kasubdit II ITE Ditreskrimsus Polda NTB, AKBP Darsono Setyo Adjie, dilansir Lombok Post (grup radarlampung.co.id), Senin (14/3).

Polisi menyeret tersangka dengan Pasal 35 dan Pasal 27 ayat (4) Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informatika dan Transaksi Elektronik (ITE). Tersangka diancam maksimal 12 tahun penjara.

“Kita kenakan undang-undang ITE pasal 35 dan pasal 27,” jelasnya.

Diketahui, tersangka diduga membuat akun FB palsu gubernur yang akrab disapa TGB tersebut untuk mendapatkan uang. Namun, usaha untuk menipu masyarakat melalui akun palsu itu gagal. Pasalnya, tidak ada satu masyarakat yang percaya dengan akun tersebut. Konon tersangka hanya mendapatkan kiriman pulsa Rp20 ribu.

“Pada saat dikirimkan pulsa, pelaku mengirimkan nomornya melalui inbox FB,” ungkapnya. Saat ini, polisi sudah menonaktifkan akun tersebut. Guna menghindari beberapa modus penipuan lainnya. (arl/r3/fri/jpnn/ade)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here