Pelanggaran Meningkat, 25.223 Surat Tilang Dikeluarkan

94
Ilustrasi. (Ist)

radarlampung.co.id – Sebanyak 25.223 surat tilang diberikan kepada pelanggar lalu lintas dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2017. Jumlah tersebut meningkat 43 persen dibanding pelaksanaan operasi tahun lalu sebanyak 17.669 tilang.

Dirlantas Polda Lampung Kombes Kemas Ahmad Yamin melalui Kasatgas Gakkum AKBP Junaidi mengatakan, sanksi lain adalah 381 surat teguran kepada pelanggar lalu lintas. Jumlah tersebut menurun 60 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 952 surat teguran.

”Secara keseluruhan, surat yang kami keluarkan, baik tilang maupun teguran berjumlah 25.604 surat,” kata Junaidi, Selasa (14/11).

Dalam Operasi Zebra yang berlangsung sejak 1-14 November tersebut, jumlah kejadian sama dengan tahun lalu, yakni 11 kasus kecelakaan. Untuk tahun ini, tercatat tujuh korban meninggal dunia. Sementara pada 2016 sebanyak 10 orang.

“Ada penurunan sekitar 30 persen untuk korban meninggal dunia. Tapi, untuk luka berat dan ringan terjadi peningkatan,” urainya.

Junaidi menjelaskan, pelanggar lalu lintas diberi surat tilang agar memiliki efek jera dan tidak mengulangi lagi perbuatannya. Operasi ini mengedepankan tindakan daripada upaya preventif.

“Banyaknya penindakan ini juga dipengaruhi keaktifan anggota di lapangan dalam menindak pengendara yang melanggar UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” tegasnya.

Lebih lanjut Junaidi berharap, pelaksanaan Operasi Zebra dapat menurunkan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengedepankan keamananan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar).

“Operasi Zebra ini merupakan cipta kondisi sebelum digelarnya Operasi Lilin. Kami berharap pada Operasi Lilin nanti, masyarakat sadar akan tertib lalu lintas,” kata dia. (yud/c1/ais)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here