Jum'at, 29 Agustus 2014
     
Home Pendidikan 28 Orang Perebutkan Satu Kursi di Unila

28 Orang Perebutkan Satu Kursi di Unila

1559
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

BANDARLAMPUNG - Persaingan masuk Universitas Lampung (Unila) melalui jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2013 sangat ketat. Betapa tidak, satu kursi diperebutkan oleh 28 orang. Pada tahun ini, pendaftar SNMPTN mencapai 52.366 orang. Mereka akan memperebutkan 1.930 kursi. ’’Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun lalu yang hanya 15.168 orang dengan kuota 808 kursi,” ungkap Humas SNMPTN Panitia Lokal Lampung Muhammad Komarudin kemarin.

Lonjakan pendaftar kemungkinan disebabkan beberapa perubahan yang terjadi pada penerimaan kali ini. Kuota SNMPTN menjadi 50 persen dari total mahasiswa yang diterima. Kemudian setiap sekolah bisa mendaftarkan siswanya tanpa biaya.

Sementara tahun lalu, hanya sekolah yang sudah terakreditasi yang boleh mendaftar. Kemudian juga dikenakan biaya. Untuk calon mahasiswa yang mendaftar jurusan IPA atau IPS membayar Rp150 ribu. Sedangkan untuk yang memilih kedua jurusan atau IPC sebesar Rp175 ribu.

Selain itu, pola penerimaan pada tahun lalu juga dibagi dalam lima jalur. Yaitu SNMPTN undangan dan tulis, yang kuotanya masing-masing 40 dan 20 persen dari mahasiswa yang diterima. Lalu jalur mandiri dengan kuota 20 persen, penerimaan mahasiswa perluasan akses pendidikan (PMPAP) 10 persen, dan sisanya penelusuran bibit unggul daerah (PBUD).

’’Sedangkan untuk tahun ini, pola penerimaan hanya akan dilakukan melalui dua jalur, yaitu SNMPTN dan SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi) yang kuotanya masing-masing 50 persen,” terang pria berkacamata itu. Dengan total kuota untuk mahasiswa baru sekitar 3.830 orang, yang akan diambil dari jalur SNMPTN 1.930 dan SBMPTN 1.900 orang.

Jurusan favorit di Unila pada SNMPTN kali ini adalah ekonomi manajemen dengan 3.655 pendaftar; diikuti ilmu komputer (3.238); ilmu hukum (2.622); dan pendidikan kedokteran (2.491).

Tahapan selanjutnya, jelas Komarudin, adalah seleksi di perguruan tinggi negeri masing-masing. Waktunya sejak penutupan pendaftaran sampai 27 Mei mendatang. Dalam tahap ini, nilai-nilai siswa yang telah di-input dari semester 1 sampai 5 direkap. Kemudian grade sekolahnya dilihat. Setelah itu baru diberikan pemeringkatan.

’’Kemudian hasil ujian nasional siswa juga dilihat. Kalau dia tidak lulus, otomatis tak diterima. Karena salah satu syaratnya adalah lulus UN. Sedangkan untuk pengumuman mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN dilakukan pada 28 Mei 2013,” pungkasnya. (rud/p3/c1/ade)

Mutiara Edukasi

Nabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik Unila Asal FKIP Jurusan Seni TariNabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik...
article thumbnailSejak Kecil Sukai Seni Tari, Tak Menyangka Jadi Lulusan Terbaik
SEBANYAK 1.374...