Jum'at, 29 Agustus 2014
     
Home Pendidikan Kurikulum 2013, Lampung Belum Siap

Kurikulum 2013, Lampung Belum Siap

213
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

BANDARLAMPUNG – Sekolah-sekolah di Indonesia, khususnya Lampung, dinilai belum siap menerapkan kurikulum 2013 yang diberlakukan pada Juli tahun ini. Pengamat pendidikan Dr. Bujang Rahman, M.Si. menjelaskan, paling tidak ada enam hal penyebabnya.

Pertama, ketersediaan sumber daya manusia pendidik sekarang ini masih minim. Dari tiga juta guru di Indonesia hanya 51 persen yang berpendidikan S-1. Kedua, dari jenjang kepangkatan hanya 44 persen bergolongan IV di seluruh Indonesia dan 55 persen lebih belum memiliki karya ilmiah.

Ketiga, infrastruktur 10.000 SD dan SMP rusak; culture yang tidak membudayakan standar nasional Indonesia; manajemen pengelolaan sekolah masih banyak yang menggunakan sistem lama; serta sistem pembinaan tenaga pendidikan tidak jelas. ”Belum lagi pelaksanaan workshop yang masih bersifat spontanitas,” ujar Bujang kemarin.

Dekan FKIP Universitas Lampung ini menerangkan, keenam hal itu kontraproduktif dengan tujuan kurikulum. Yaitu menciptakan manusia yang produktif, kreatif, dan inovatif.

Wakil Ketua Komite III DPD RI Ahmad Jajuli mengungkapkan hal sama. Implementasi kurikulum 2013 ia yakini akan menimbulkan berbagai masalah. Selain yang diutarakan Bujang, Jajuli menilai waktu kajian dan persiapan kurikulum 2013 teramat singkat, termasuk uji publiknya.

”Yang menjadi persoalan, hingga kini kita belum mempunyai gambaran seperti apa kurikulum 2013 yang menggantikan kurikulum tingkat satuan pendidikan atau KTSP itu,” papar Jajuli dalam kunjungannya ke Dinas Pendidikan (Disdik) Lampung, Kamis (25/4).

Karena itu, politisi dari PKS tersebut meminta kurikulum 2013 tidak dipaksakan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Disdik Lampung Retno menyatakan akan berusaha sebaik mungkin mengimplementasikan kurikulum baru itu. ”Kita tinggal menunggu instruksi dari pusat,” ungkapnya. (mau/c2/ade)

 

Mutiara Edukasi

Nabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik Unila Asal FKIP Jurusan Seni TariNabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik...
article thumbnailSejak Kecil Sukai Seni Tari, Tak Menyangka Jadi Lulusan Terbaik
SEBANYAK 1.374...