Jum'at, 25 April 2014
     
Home Pendidikan Baru 126 Orang Daftar SBMPTN

Baru 126 Orang Daftar SBMPTN

694
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

BANDARLAMPUNG – Jumlah pendaftar seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) Universitas Lampung yang dibuka Senin (13/5) sampai kemarin tercatat 126 orang. Rinciannya 39 orang untuk kelompok sainstek (sains dan teknologi), 61 orang soshum (sosial dan hukum), serta 26 orang campuran.

Menurut Ketua Panitia Lokal (Panlok) SBMPTN Unila Muhammad Komarudin, M.T., minimnya pendaftar disebabkan Unila masih mengakomodasi lulusan SMA sederajat 2011 dan 2012. ’’Sementara pendaftar SBMPTN lulusan 2013 sedikit. Kemungkinan, mereka masih menunggu hasil ujian nasional atau berharap dari SNMPTN (seleksi nasional masuk PTN),’’ ungkapnya kemarin.

Untuk kuota SBMPTN meningkat dibanding tahun lalu. Jika sebelumnya 1.776 kursi, kini 1.900. ’’Pendaftaran secara online dibuka mulai Senin (13/5, Red) hingga 7 Juni 2013 pukul 12.00 WIB,’’ jelas Komarudin. ’’Sementara, untuk kuota SNMPTN sebanyak 1.930 orang dengan daya tampung Unila 4.000,’’ tambah dia.

SNMPTN tak dikenakan biaya karena telah disubsidi pemerintah dan penentuan mahasiswa yang diterima tidak melalui tes. ’’Melainkan dilihat dari nilai rapor siswa semester 1 sampai 5, hasil ujian nasional, dan grade sekolahnya. Kemudian direkap dan ditotal. Setelah itu baru diberikan pemeringkatan,’’ papar Komarudin.

Kualitas sekolah juga ikut memengaruhi. ’’Hal ini bisa dilihat dari akreditasi sekolah dan jumlah pelajar dari sekolah itu yang diterima PTN pada tahun sebelumnya. Ini parameter dalam upaya menormalisasi sekolah sehingga tepat sasaran,’’ urainya.

Sedangkan untuk SBMPTN, pendaftarannya dikenakan biaya dan penentuan mahasiswa yang diterima dilakukan lewat tes. Untuk kelompok sainstek dan soshum masing-masing RP175 ribu. Sedangkan kelompok campuran Rp200 ribu. Tetapi, untuk calon mahasiswa yang mendaftar program studi keterampilan. Seperti program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan dikenakan tambahan biaya Rp150 ribu per jenis ujian keterampilan.

Ujian tertulis SBMPTN menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa, sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi.

’’Yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sainstek dan/atau bidang sosial, dan humaniora,’’ beber Komarudin. (mau/p3/c3/ade)

Mutiara Edukasi

Bramdzaki dan Cinta, Bintang Pelajar Al-Karim CenterBramdzaki dan Cinta, Bintang Pelajar...
article thumbnailBANDARLAMPUNG – Untuk terus menggali potensi akademik, keagamaan, dan kemampuan di bidang bahasa Inggris,...