Jum'at, 1 Agustus 2014
     
Home Pendidikan SMAN 1 Pagelaran Gratiskan 15 Siswa Berprestasi

SMAN 1 Pagelaran Gratiskan 15 Siswa Berprestasi

304
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

PRINGSEWU – SMAN 1 Pagelaran, Pringsewu, patut dicontoh. Jika sekolah lain baru sebatas wacana menerapkan pendidikan gratis, SMAN itu sudah melakukannya. Meski baru terbatas pada 15 siswa, paling tidak sekolah ini sudah berani memulainya. ’’Ya, kita menggratiskan biaya pendidikan 15 siswa berprestasi. Program ini kita terapkan setahun dan dievaluasi lagi berikutnya,’’ jelas Kepala SMAN 1 Pagelaran Hasan Fauzi, S.Pd., M.M. kemarin.

    Program yang mirip pemberian beasiswa ini didanai oleh mitra yang tidak mengikat. ’’Dalam musyawarah dana ditanggung guru dan keluarga besar SMAN 1 Pagelaran. Juga pelaku bisnis dan donatur yang peduli,’’ terangnya.

    Ke-15 siswa itu merupakan hasil seleksi jalur undangan dari 17 SMP yang tersebar di Pringsewu. Mereka tercatat sebagai juara umum di masing-masing sekolah asal.

    Nah, sisanya 50 orang yang memiliki prestasi ranking pertama hingga ketiga, diberikan fasilitas bebas biaya tes dan pakaian. Secara keseluruhan siswa baru sekolah itu untuk tahun ini mencapai 256 orang.

    ’’Penerimaan siswa melalui jalur prestasi untuk menghasilkan output yang benar-benar berkualitas. Hasilnya memang tak langsung dapat dirasakan, perlu waktu satu atau dua tahun,’’ akunya.

    Pada hari pertama belajar kemarin, sekolah itu menggelar apel pagi. Hadir Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disdikbudpar) Pringsewu Syamsir Kasim.

    Selain itu, Kasat Binmas Polres Tanggamus AKP Indri M. juga melakukan pembinaan bahaya narkoba, mewakili Kapolres AKBP Djoko Widiyanto. (mul/rnn/p5/c3/ade)


Baca Juga
Berita Lainnya

Mutiara Edukasi

Nabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik Unila Asal FKIP Jurusan Seni TariNabila Kurnia Adzan, Wisudawati Terbaik...
article thumbnailSejak Kecil Sukai Seni Tari, Tak Menyangka Jadi Lulusan Terbaik
SEBANYAK 1.374...