Percepat Pembangunan Perkeretaapian

362
Foto: Net

radarlampung.co.id – Pembangunan perkeretaapian akan dipercepat. Ini tertuang dalam kerja sama antara Pemerintah Provinsi Lampung dan PT Kereta Api Indonesia.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setprov Lampung Hamartoni Ahadis mengatakan, ada beberapa kesepakatan yang sudah dirumuskan terkait pengembangan moda transportasi massal ini.

Kesepakatan yang dicapai yakni percepatan pembangunan jalur ganda kereta api (KA) lingkar luar (longcut), khusus kereta industri Rejosari-Tarahan. Kemudian percepatan pembangunan kereta Bandara Radin Inten II (stasiun dan sky bridge) Branti-Tanjungkarang.

”Selanjutnya percepatan pembangunan double track Cempaka-Rejosari, mendorong pembangunan dry port Waykanan yang terkoneksi dengan Pelabuhan Panjang,” kata Hamartoni usai Focus Group Discussion (FGD) Akselerasi dan Integrasi Pengembangan Perkeretaapian Lampung di Swiss Bell Hotel (the 7 Hotel) Bandarlampung kemarin (20/4).

Lainnya adalah pengembangan jalur kereta api yang terkoneksi dengan kawasan industri prioritas Lampung (Terbanggi Besar-Simpangpematang), pengembangan kereta api perkotaan (Bandarlampung-Rejosari-Pesawaran-Pringsewu dan Tanjungkarang-Tegineneng-Metro) serta reaktivasi akses jalur kereta menuju Pelabuhan Panjang.

“Kita sudah sepakati, percepatan harus dilakukan mengingat isu-isu strategis yang terjadi di nasional maupun Lampung,” urainya.

Hamartoni mengungkapkan, forum ini digelar menindaklanjuti rapat antara PT KAI dengan Pemprov beberapa waktu lalu. ”Saya berharap kepada setiap pemangku kepentingan pembangunan dapat memberikan kontribusi konkrit dan implementatif dalam upaya percepatan pengembangan perkeretaapian. Sebab, muaranya kepada kesejahteraan masyarakat,”  ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Executive  Vice President Divisi Regional IV PT KAI Tanjungkarang Suryawan Putra HIA mengatakan, pihaknya akan berkoodinasi dengan pemerintah pusat.

”Saya kira kebutuhan penumpang di Lampung lambat laun akan semakin urgent. Untuk itu, perlu dorongan terhadap percepatan ini. Siapa lagi yang bisa kalau bukan pemda. Kami sangat apresiasi ini,” kata dia. (abd/c1/ais)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here