Percepat Proses JTTS, BPN Diminta Tambah Personel

207
DIKEBUT: Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Desa Lematang, Tanjungbintang, Lampung Selatan. FOTO RIZKY PANCHANOV/RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Kantor Wilayah Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Provinsi Lampung diminta menambah personel untuk mempercepat proses pengadaan lahan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) tahap II Terbanggibesar-Pematangpanggang.

Hingga kini, pembebasan lahan JTTS tahap II baru mencapai 30 persen dan ditargetkan rampung akhir November. Hal ini dikatakan Sekretaris Provinsi Lampung Sutono dalam keterangan persnya kepada media.

’’Untuk percepatan pembebasan tanah dan pelaksanaan pembangunan jalan tol di Terbanggibesar-Pematangpanggang perlu penambahan tenaga BPN  di wilayah Kabupaten Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji. Hal ini terkait dengan belum selesainya peta bidang, validasi dan musyawarah yang belum tuntas dilaksanakan,” ucap dia usai mengikuti rapat koordinasi JTTS  di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Jakarta, kemarin

Rapat ini diikuti tiga menteri, yakni Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri ATR/Kepala BPN Sofjan Djalil. Rapat juga diikuti Bupati Mesuji Khamami dan para direksi BUMN pelaksana JTTS.

Rapat tersebut, kata Sutono, membahas progres dan hambatan pelaksanaan pembebasan tanah pada masing-masing pejabat pembuat komitmen (PPK). Kemudian, progres dan hambatan pelaksanaan pembangunan konstruksi masing-masing paket pekerjaan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). “Pada prinsipnya tanah yang sudah dikonsinyasi bisa dilakukan pembangunan konstruksi,” kata Sutono.

Selain ke pengadilan negeri, sengketa lahan juga dimajukan ke Mahkamah Agung (MA). Terhadap kasus yang masuk ke MA, kata Sutono, percepatan pemecahan masalahnya akan difasilitasi oleh kementerian. “Ini ranah pusat, jadi akan difasilitasi kementerian terkait,” kata Sutono.

Pada kesempatan itu Bupati Khamami meminta agar proses ganti rugi dipercepat, karena pada prinsipnya warga setempat mendukung JTTS. Di Mesuji, kata Khamami, ada dua kecamatan yang dilalui JTTS. “Kami selalu mendukung percepatan ini sejak awal,” kata Khamami. (rls/c1/wdi)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here