Pesepak Bola Lamteng Ini Terbang ke Spanyol

Ikut Seleksi di Madrid dan Tampil di Barcelona Cup

PEDULI ATLET BERPRESTASI: Bupati Lamteng Mustafa bersama Rio Helmi Saputra di rumah dinasnya, Selasa (16/5). FOTO IST FOR RADAR LAMPUNG
- Advertisement -

Radarlampung.co.id – Rio Helmi Saputra kembali terbang ke Spanyol untuk membawa nama Indonesia. Di Negeri Matador, pesepak bola yang tercatat sebagai siswa SMPN 4 Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng), itu akan mengikuti seleksi yang diadakan Entry Soccer Professional (ESP) pada 28–29 Mei. ESP adalah salah satu agen pemain dan pemandu bakat di Eropa yang bermarkas di Madrid.

Selain itu, Rio juga bakal tampil di ajang Barcelona Cup di Solo bersama tim nasional (timnas) Sepak Bola Anak Indonesia (SBAI). Buah hati pasangan Asep (39) dan Enita (38) ini bergabung dengan 20 pesepak bola terbaik lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Bagi Rio, keikutsertaannya tahun ini adalah pengalaman kedua. Sebelumnya tahun 2016.

Selasa (16/5), Rio bersama Sunarto, pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB) Tunas Inti Bandarjaya, dan Korwil SBAI Lampung Ivan Sumantri menemui Bupati Lamteng Mustafa di rumah dinasnya. Pada kesempatan itu, Sunarto menjelaskan, Rio mendapatkan tempat di timnas SBAI setelah lolos seleksi nasional (seleknas).

’’Rio berkesempatan mengikuti seleknas usai tampil pada kompetisi SBAI di Jakarta. Dan, Rio menjadi satu-satunya pemain Lampung yang lolos seleknas,” paparnya.

Sunarto berharap anak didiknya itu bisa lolos seleksi yang berlangsung dua hari di Madrid. ’’Jika lolos seleksi, Rio berhak memperoleh beasiswa pendidikan sepak bola selama tiga tahun dari Federasi Sepak Bola Spanyol. Kami berharap Rio bisa memanfaatkan kesempatan sangat berharga itu sebaik-baiknya,” ujarnya.

Prestasi Rio diapresiasi Mustafa. ’’Ini bukan kali pertama saya melepas atlet Lamteng yang akan bertanding di luar negeri. Sebelumnya saya juga melepas beberapa atlet Lamteng yang akan bertanding di sebuah turnamen di Malaysia. Hal ini menunjukkan Lamteng memiliki bibit-bibit atlet potensial, khususnya di cabang sepak bola. Saya bangga sekali. Meski kita level kabupaten, banyak anak kita mampu bersaing di level internasional. Saya siap support,” tegasnya.

Untuk memaksimalkan potensi olahraga di Lamteng, sambungnya, pemkab akan memberikan perhatian lebih kepada atlet-atlet berprestasi. (sya/c1/ewi)

- Advertisement -
loading...

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY