Pesona Air Terjun Lembah Pelangi Ulubelu, Tanggamus

120
JADI PRIMADONA: Air Terjun Lembah Pelangi merupakan salah satu destinasi yang tengah menjadi primadona di Tanggamus. FOTO RNN

radarlampung.co.id – Air Terjun Lembah Pelangi berada di Pekon Sukamaju, Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus. Air terjun ini merupakan salah satu wisata unggulan yang terus dikembangkan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Wisata alam satu ini memang menyuguhkan keindahan alam yang dapat memanjakan mata pengunjung, udara sejuk dan air dingin membuat betah untuk berlama-lama. Yang membedakan Air Terjun Lembah Pelangi dengan air terjun lain yaitu adanya efek pelangi di pinggir bibir tebing sebelah kanan, tetapi tidak setiap saat bisa dilihat. Sebab, pelangi muncul di saat-saat tertentu. Umumnya pelangi bisa dilihat mulai pukul 10.00-13.00 WIB dengan syarat cuaca cerah.

Kepala Dinas Pariwisata Tanggamus, Hj. Retno Noviana Damayanti yang beberapa waktu lalu turun langsung ke objek wisata Air Terjun Lembah Pelangi mengatakan,  sudah banyak perubahan di wisata air tersebut, dibanding dua tahun sebelumnya.

Dimana saat ini, pengunjung sudah tidak lagi dipusingkan dengan urusan parkir, sebab pihak pengelola sudah menyiapkan area parkir yang cukup luas sehingga bisa menampung kendaraan roda empat.

Kemudian jika tidak sempat membeli perbekalan untuk tracking menuju air terjun yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 250 meter, pengunjung bisa mendapatkannya di warung-warung kecil diarea parkir.

’’Sekarang juga sudah disediakan musholla lengkap dengan sarana tempat berwudhu. Ini memudahkan pengunjung untuk beribadah. Disini juga sudah disediakan ruang ganti baju dan kamar mandi bagi yang hendak mengganti pakaian pascamandi air terjun,” tuturnya.

Satu lagi, fasilitas yang disediakan oleh pengelola yakni rumah pohon, sehingga pengunjung bisa menikmati pamandangan alam yang terdiri dari hamparan kebun kopi robusta khas Ulubelu. ’’Saat ini pihak pengelola, yakni kelompok sadar wisata (Pokdarwis) menyiapkan rumah pohon sebagai tambahan fasilitas guna menarik wisatawan. Ini tentu sebuah inovasi yang bagus,’’ pungkas Retno.

Diketahui, Kecamatan Ulubelu menyimpan beberapa lokasi wisata yang sangat indah. Di antaranya Danau Hijau, Bukit Danau Hijau, Sumber Air Panas, dan yang menjadi primadonanya adalah Air Terjun Lembah Pelangi. (rnn/ehl/c1/nui)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here