Pilgub Lampung Resmi Di-launching

Sehari Habiskan Rp40 M
249
LAUNCHING PILGUB: Ketua KPU RI Arief Budiman bersama Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono dan komisioner KPU, Ketua Bawaslu Fatikhatul Khoiriyah, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, dan Kapolda Irjen Suroso Hadi S. menekan tombol saat launching Pilgub Lampung 2018 di Lapangan Korem 043/Gatam, Enggal, kemarin. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memprediksi kompetisi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 Juni 2018 sangat ketat. Setidaknya ada sekitar 158 juta suara pemilih se-Indonesia yang daerahnya menggelar pilkada di 171 daerah yang akan menjadi rebutan para kandidat kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, karena itulah perlu peran serta seluruh pihak agar penyelenggaraan pilkada berjalan baik. Termasuk di Lampung yang akan menggelar pemilihan gubernur (pilgub) serta Pemilihan Bupati Tanggamus dan Lampung Utara. Kesuksesan pilkada akan bergantung pada kinerja penyelenggara.

”KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berperan penting menyukseskan pilkada. Tanpa dukungan pihak lain, akan terasa berat. Tokoh masyarakat, partai politik, pasangan calon, berperan memberikan kontribusi positif atau nuansa negatif,” kata Arief dalam launching Pilgub Lampung 2018 di Lapangan Korem 043/Gatam, Saburai, Enggal, kemarin (22/10).

Arief meneruskan, siapapun yang akan terpilih kelak itu yang terbaik dan harus didukung agar kesejahteraan dan keadilan rakyat bisa dicapai lima tahun ke depan. ”Sekarang menjadi titik penting dalam pilgub. Semoga semangat terus, bisa memberikan dukungan positif untuk kelancaran pilgub. Masyarakat bisa mengabarkan bahwa 27 Juni nanti untuk datang ke TPS (tempat pemungutan suara),” ajaknya.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono menambahkan, target dalam pilgub adalah keterlibatan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Selain itu pilgub tidak terciderai dengan pelanggaran-pelanggaran pemilu, serta bebas politik uang. Target lainnya adalah penyelenggara pemilu tidak melakukan pelanggaran kode etik dalam menjalankan tahapan pilgub.

Menurut dia, ada sekitar 6,5 juta pemilih dalam pilgub kelak. Artinya aka nada 6,5 juta plus 2,5 persen surat suara yang akan dicetak oleh KPU. Para pemilih ini akan mencoblos di 12.236 TPS selampung.

”Pesta demokrasi dalam satu hari (pemungutan dan penghitungan suara, Red) akan menghabiskan sekitar Rp40 miliar. Jadi jangan disia-siakan dan gunakan hak pilih dengan baik,” tegasnya.

Acara launching pilgub Lampung kemarin dihadiri Gubernur M. Ridho Ficardo, Kapolda Irjen Suroso Hadi S., ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriyah. Acara dimeriahkan dengan acara jalan sehat dan sepeda santai. (dna/c1/gus)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here