Polda Tes Kesehatan Calon Anggota Bawaslu

114

BANDARLAMPUNG – Peserta seleksi anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung mengikuti tes kesehatan dan psikologi di rs Bhayangkara Polda Lampung kemarin. Rangkaian tes tersebut menjadi wewenang polda.

Sekretaris tim seleksi (timsel) Bawaslu Lampung Robi Cahyadi Kurniawan mengatakan, semua kegiatan tes kesehatan dan psikologi dilakukan oleh Polda Lampung.

“Kemudian hasil diserahkan ke polri. Polri yang menyerahkan ke Bawaslu RI. Baru Bawaslu RI ke timsel atau panitia daerah,” kata Robi.

Menurut dosen FISIP Universitas Lampung ini, Bawaslu RI sudah menandatangani kerjasama dengan polri untuk tes kesehatan dan psikologi calon anggota Bawaslu se Indonesia.

Sehari sebelumnya, sebanyak 61 peserta mengikuti tes tertulis di Pusat Komputer (Puskom) Unila. Karena menggunakan metode computer assisted test (CAT), maka timsel langsung mendapatkan nilainya sesaat setelah tes berlangsung. Dia mengakui nilai para peserta tidak terlalu baik atau pas-pasan.

Nilai maksimal adalah 100. Sedangkan peserta yang mendapatkan nilai tertinggi adalah Fauzi Heri yakni 63,33. Sedangkan yang terendah adalah Sholihin (21,33).

”Nilai untuk CAT Lampung termasuk sedang dalam level nasional. Meskipun menurut saya nggak terlalu baik, masih jauh dari harapan. Di Sulawesi Tengah, nilai tertingginya 85,” kata Robi.

Sementara, rangking teratas tes tertulis kemarin didominasi wajah lama. Yakni yang sedang menjabat atau pernah menjadi penyelenggara pemilu. Baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu atau panitia pengawas pemilu (panwaslu).

Setelah tes kesehatan dan psikologi, timsel akan merekapitulasi nilai. Dari situ, timsel akan mengerucutkan minimal 12 orang untuk tes tahap dua. Tes tahap dua meliputi pengumpulan makalah dan wawancara dengan timsel. Selain itu, tes kesehatan dan psikologi.

”Baru setelah itu, kami meneruskan enam besar kepada Bawaslu RI untuk fit and proper test di Jakarta. Bawaslu RI yang akan memilih tiga orang untuk menjadi anggota Bawaslu Lampung,” ucapnya. (dna/c1/gus)

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here