Politik Uang, No Way!

Hashtag #politikuangnoway Mengemuka
71
Ilustrasi

radarlampung.co.id – Upaya melawan politik transaksional terus dilakukan. Kali ini upaya itu menyasar media sosial dan warganet. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengajak masyarakat untuk memviralkan penggunaan hashtag #politikuangnoway di media sosial (medsos).

Gerakan civil society di medsos ini merupakan salah satu upaya agar pilgub berjalan tanpa adanya praktik politik transaksional.

Dalam launching Pilgub Lampung 2018 di Lapangan Saburai, Minggu (22/10), Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono mengajak seluruh peserta jalan sehat dan sepeda santai untuk mengeluarkan telepon pintarnya masing-masing.

Nanang meminta seluruh yang ada di lapangan tersebut, termasuk Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan Kapolda Irjen Suroso Hadi Siswoyo, untuk mengetikkan #politikuangnoway. ’’Ketik tagar (tanda pagar) ‘#’, lalu Politik Uang, No Way! Sebarkan ke seluruh grup yang ada di medsos,” ajaknya.

Selain melalui medsos, Nanang juga meminta izin kepada Ketua KPU RI Arief Budiman yang hadir me-launching Pilgub Lampung agar bisa bekerja sama dengan pemantau asing yang independen. Ini menyusul kerja sama KPU RI dengan dua pemantau yang sudah berjalan.

’’Pada Maret lalu, KPU RI sudah MoU dengan Asian Network for Free Elections (Anfrel) dan KIPP (Komite Independen Pemantau Pemilu). Kami juga meminta izin untuk mengundang pemantau nasional dan internasional untuk mengawasi jalannya Pilgub Lampung,” kata dosen FISIP Unila ini.

Sponsored Content
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here