Jum'at, 18 April 2014
     
Home Politika Usulkan Jadi 4-10 Dapil

Usulkan Jadi 4-10 Dapil

463
Kali Dibaca
E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita

GEDONGTATAAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran mengusulkan jumlah daerah pemilihan (dapil) ke pusat menjadi tujuh. Sebelumnya, pada Pemilu 2009 jumlah dapil di kabupaten tersebut hanya 4. Ketua KPU Pesawaran Derry Hendryan mengatakan, perubahan jumlah dapil tersebut lantaran disesuaikan dengan jumlah daftar agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) Pesawaran yang berjumlah 569.729 jiwa.

"Ya, sudah kami usulkan tujuh dapil. Tetapi kewenangan untuk penetapannya adalah KPU Pusat," ujarnya kepada Radar Lampung melalui sambungan telepon kemarin.

Derry mengatakan, tujuh dapil yang diusulkan itu adalah dapil 1 Gedongtataan dengan 10 kursi; dapil 2 Tegineneng (5 kursi); dapil 3 Negerikaton (6 kursi); dapil 4 Waylima (4 kursi); dapil 5 Kedondong-Wayrilau (7 kursi); dapil 6 Padangcermin (10 kursi); dapil 7 Margapunduh-Punduhpedada (3 kursi).

Mantan anggota KPU Lampung Selatan itu menjelaskan, penambahan dapil di Pesawaran juga karena pertimbangan keterwakilan wilayah, faktor geografis, demografis, historis, dan budaya. Lalu perubahan jumlah partai peserta pemilu pada 2014.

Di sisi lain, Derry juga mengaku, sudah mengirimkan surat ke seluruh partai politik yang ada di Kabupaten Pesawaran untuk menyetorkan nama juru kampanye (jurkam) masing-masing pada pemilu nanti.

"Suratnya juga sudah kami tembuskan ke panitia pengawas pemilu. Pengiriman surat ini dalam rangka terbitnya Peraturan KPU No 1 tentang aturan kampanye, katanya.

Metro Usul 4 Dapil

Sementara itu, KPU Metro menilai, kota ini memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi empat dapil dalam Pileg 2014. Usulan pemekaran dapil ini hingga kini masih proses pembahasan yang cukup alot, pasalnya harus memenuhi beberapa kriteria dan ketentuan.

”Benar, kita telah melakukan konsultasi publik dengan melibatkan parpol dan panwas terkait usulan pemekaran dapil. Meski demikian keputusannya belum final,” ujar Ketua KPU Metro Rahmatul Ummah kemarin (12/2).

Nah dari konsultasi tersebut, Metro dianggap laik untuk dimekarkan menjadi empat dapil. Menurutnya, usulan ini telah melalui pembahasan di tingkat KPU Provinsi Lampung. Selanjutnya akan disampaikan ke KPU RI. ”Kalau dari prediksi kami, penetapannya nanti sekitar 1–9 Maret, apakah jadi dimekarkan atau tidak. Semua masih dalam tahap kajian,” imbuh pria berkacamata ini.

Rencananya dalam pileg mendatang, Metro terbagi menjadi empat dapil, yang sebelumnya hanya tiga dapil. Sebelumnya, Metro terbagi dalam tiga dapil, yakni Dapil I (Metro Pusat, Metro Utara), Dapil II (Metro Timur), dan dapil III (Metro Barat, Metro Selatan).

Usulan KPU menjadi Dapil I (Metro Pusat), Dapil II (Metro Utara), Dapil III (Metro Timur), dan Dapil IV (Metro Barat, Metro Selatan). Artinya Dapil I kita usulkan dipecah menjadi dua dapil. Ada beberapa pertimbangan mengapa Dapil I perlu dipecah menjadi dua dapil.

Secara wilayah, Metro Utara lebih luas dibandingkan Metro Pusat, namun tingkat keterwakilannya atau jumlah anggota DPRD lebih banyak dari Metro Pusat. Ini berimbas Metro Utara lebih tertinggal ketimbang Metro Pusat.

Jika usulan penambahan dapil ini disetujui, jumlah kursi yang diperebutkan di DPRD Kota Metro tetap tidak berubah, yakni 25 kursi. Dapil I memperebutkan delapan kursi, Dapil II empat kursi, Dapil III enam kursi, dan Dapil IV tujuh kursi.

Lamteng 10 Dapil

Kejelasan usulan jumlah dapil ini diputuskan setelah KPU Lamteng melakukan rapat internal pasca hearing dengan Komisi I DPRD setempat kemarin. Ketua KPU Lamteng Hendra Fadhillah mengatakan, keputusan pengusulan 10 dapil di Lamteng didasarkan atas perhitungan yang proporsional di setiap dapil yang ada.

"Di pemilu 2009 lalu, Lamteng hanya terbagi atas lima dapil. Berangkat dari situ, awalnya kami akan mengusulkan menjadi delapan dapil. Tapi, jumlah ini berubah setelah KPU menggelar hearing dengan komisi I DPRD. Namun, setelah kami rakor dapil di KPU provinsi, kami melakukan rapat internal dan memutuskan untuk usul ke KPU pusat agar Lamteng dibagi menjadi 10 dapil," papar Hendra kemarin.

Dilanjutkannya, pembagian dapil ini nantinya akan didsesuaikan berdasarkan jumlah penduduk dari tiap kecamatan yang telah memiliki hak suara. “Jika nantinya memang disetujui menjadi 10 dapil, maka per satu dapil rata-rata terdiri dari dua atau tiga kecamatan,"imbuhnya.

Untuk itu, awal pekan depan, KPU Lamteng akan mengundang partai politik peserta pemilu 2014 untuk kembali membicarakan pengusulan Lamteng menjadi 10 dapil ini.

Untuk diketahui, pada pileg 2009 lalu, Lampung Tengah terbagi dalam lima dapil. Dapil I terdiri dari Kecamatan Gunung Sugih, Punggur, Seputih Raman, Kota Gajah, Seputih anyak, dan Way Seputih dengan keterwakilan 11 kursi.

Dapil II mewakili Kecamatan Rumbia, Seputih Surabaya, Bandar Mataram, Buminabung, Bandar Surabaya, dan Putra Rumbia dengan sembilan kursi.Dapil III terdiri dari kecamatan Kalirejo, Bangunrejo, Trimurjo, Bumiratu Nuban, Bekri, dan Sendang Agung dengan 10 kursi.

Dapil IV terdiri dari kecamatan Padangratu, Pubian, Selagai Lingga, Anak Tuha, dan Anakratu Aji dengan delapan kursi.Dan dapil V terdiri dari Terbanggi Besar, Seputih Mataram, Terusan Nyunyai, Way Pengubuan, dan Seputih Agung dengan jumlah 12 kursi. (whk/ful/jar/gus)

 


Advertise